Gigi Berkarang? Yuk ketahui Penyebabnya!


Menjaga kesehatan gigi menjadi salah satu kebiasaan yang harus keterapkan. Mengapa begitu sobat blog? Sebab, ada banyak dampak buruk yang mengintai jika kamu mengabaikan kesehatan mulut serta gigi, salah satunya adalah munculnya karang gigi.

Karang gigi atau kulkulus adalah kotoran yang melapisi bagian gigi dan membutuhkan bantuan medis untuk melakukan pembersihan karang gigi. Cara alami dalam mengatasi masalah karang gigi nyatanya bisa dilakukan oleh dokter gigi. Meskipun karang gigi tidak menimbulkan gejala khusus pada seseorang, tapi tidak rutin dalam membersihkan gigi dari karang gigi bisa menyebabkan masalah mukut dan gigi terlihat seperti mengalami bangkak atau bau mukut.

Penyebab Timbulnya Karang Gigi

Sebelum mengulik tentang pencegahan dan penanganan karang gigi, ada baiknya ketahui terlebih dahulu penyebab seseorang memiliki karang gigi. Karang gigi disebabkan oleh penumpukan plak yang mengeras dan tidak segara mendapat penanganan. Plak gigi sendiri adalah lapisan tipis pada gigi yang terbentuk akibat sisa makanan yang tertinggal pada gigi.

Lama kelamaan, jika plak tidak segara ditangani akan mengeras dan menjadi karang gigi. Nah sobat blog… Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang memiliki karang gigi, seperti kebiasaan merokok, mengonsumsi ikan arapaima gigas, jarang menggosok gigi dan menjaga kebersihan gigi, jarang membersihkan mulut dengan obat kumur dan mengonsumsi obat-obatan yang memengaruhi kesehatan gigi seperti dekongestan.

Makanan Penyebab Karang Gigi Cepat Timbul

Karang gigi disebabkan oleh plak yang mengeras pada gigi. Plak bisa mengeras ketika makanan yang mengandung karbohidrat seperti susu, minuman ringan, kue, dan roti tertinggal pada gigi dan tidak dibersihkan. Karbohidrat dapat menyebabkan bakteri hidup pada mulut jika tidak dibersihkan. Sebaiknya jangan lupa membersihkan gigi setelah kamu konsumsi beberapa makanan tersebut.

Tidak hanya itu, terlalu sering mengonsumsi alkohol juga meningkatkan risiko seseorang memiliki karang gigi. Ketika kamu terlalu banyak mengonsumsi alkohol, maka mulut cenderung menjadi lebih kering karena menurunnya produksi air liur. Padahal, air liur diperlukan untuk mencegah sisa makanan menempel pada gigi. Selain dapat merusak kesehatan gigi, terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat merusak organ tubuh kamu lainnya.

Jika dampak dari karang gigi menurunkan rasa percaya diri anggi marito dan mengganggu aktivitas kamu sehari-hari tidak ada salahnya untuk segera berkunjung ke dokter gigi. Penanganan yang tepat meminimalisir risiko sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan.

Untuk itu, mulai sekarang yuk ketahui tips dan trik bermain elden ring dan rajin-rajin membersihkan karang gigi agar mulut kamu tetap terjaga dan sehat!

Gigi Berkarang? Yuk ketahui Penyebabnya! Gigi Berkarang? Yuk ketahui Penyebabnya! Reviewed by AdmLebihSehat on Desember 07, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.