Cara Alami Mengatasi Gigi Yang Berkarang

Cara Alami Mengatasi Gigi Yang Berkarang

Kita semua pasti sepakat dong jika karang gigi tak dapat dianggap sebagai hal yang sepele dan remeh karena sangat menganggu penampilan, benarkan?

Sebenarnya apa sih karang gigi itu? Jadi karang gigi merupakan kondisi yang dapat timbul karena kita kurang menjaga kebersihan mulut dan jarang membersihkan sisa-sisa makanan yang lengket di gigi.

Sisa makanan yang menumpuk dan dibiarkan dalam jangka waktu yang cukup lama akan dapat membentuk sebuah plak yang dapat mengeras hingga dapat menyebakan iritasi pada gusi.

Jika tak kunjung di bersihkan, plak atau karang gigi ini akan berkembang dan bertambah banyak dan dapat berujung dengan penyakit gigi yang sangat serius, seperti radang gigi misalnya.

Tak hanya dari sisi kesehatan saja, faktanya karang gigi juga sangat berdampak kepada yang namanya masalah kepercayaan diri seseorang karena gigi akan menguning dan mengeluarkan aroma nafas yang tidak sedap.

Namun kalian tak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai beberapa cara alami yang dapat kalian lakukan sendiri di rumah untuk mengatasi gigi berkarang, penasaran apa saja? daripada bingung yuk langsung simak penjelasan berikut ini.

Cara Alami Mengatasi Gigi Yang Berkarang

1. Mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin C

Gunakan buah-buahan yang kaya  vitamin C, seperti jeruk, lemon dan nanas. Kandungan vitamin C pada buah ini efektif menghilangkan karang gigi, membunuh bakteri di mulut dan menjaga kesehatan gigi dan mulut. Caranya: haluskan jeruk/lemon/strawberry menjadi pasta, oleskan ke pasta gigi dan gosok gigi selama 2 menit.

2. Mengunyah daun sirih

Sirih telah lama digunakan sebagai obat tradisional, termasuk untuk menjaga kesehatan mulut. Tak heran, banyak orang lanjut usia mengunyah sirih karena alasan kesehatan. Hampir semua bagian tanaman sirih digunakan sebagai obat, tetapi daunnya yang paling banyak digunakan. Daun sirih memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan gigi dan mulut.

Karena antioksidan alami dan sifat antibakteri, daun sirih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan gigi, termasuk mencegah karang gigi, mengurangi bakteri di mulut, mengurangi bau mulut, meredakan sakit gigi dan mencegah pembengkakan gusi. Giling, bersihkan selembar daun sirih dengan menambahkan 1 siung lalu kunyah campuran tersebut.

3. Mengonsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayuran memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk gigi dan mulut. Beberapa buah dan sayuran yang direkomendasikan adalah apel, wortel, dan seledri. Makan apel, wortel dan seledri efektif meningkatkan produksi air liur, yang berguna untuk menetralkan asam berlebih, menjaga kesehatan gusi, menghilangkan karang gigi dan mencegah bau mulut.

4. Menggunakan kulit Jeruk

Kaya akan vitamin dan nutrisi, jeruk dapat digunakan sebagai cara alami  menghilangkan karang gigi. Caranya bersihkan kulit jeruk terlebih dahulu, oleskan secara merata pada gigi, baru berkumur keesokan harinya, lakukan hal yang sama setiap hari sebelum tidur.

5. Berkumur dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang memiliki efek antiinflamasi dan antimikroba. Kandungan ini efektif membersihkan karang gigi, mencegah kerusakan gigi dan menguatkan gigi. Caranya adalah berkumurlah dengan  sekitar satu sendok makan minyak kelapa setelah menggosok gigi, lakukan selama 20-30 menit.

Cara Alami Mengatasi Gigi Yang Berkarang Cara Alami Mengatasi Gigi Yang Berkarang Reviewed by AdmLebihSehat on Oktober 27, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.