Tips Menjaga Pola Tidur yang Baik dan Efektif

 


Menjaga pola tidur yang baik dapat menjadi salah satu kunci untuk menjaga produktivitas kerja. Nah, kali ini kita akan menghadirkan beberapa tips penting supaya kamu bisa memperbaiki pola dan kualitas tidurmu.

Selain untuk menjaga kesehatan, hal ini juga penting untuk meningkatkan produktivitas dan fokus di tempat kerja karena tidur adalah cara utama untuk mengembalikan energimu. Berikut tips pentingnya menjaga pola tidur yang baik.

1. Hindari mengonsumsi kafein di sore hari

Kafein memang mengandung banyak manfaat, terutama bagi kamu yang perlu meningkatkan fokus dan energi ketika bekerja. Namun, dilansir dari Healthline, mengonsumsi kafein 6 jam sebelum tidur berisiko mengurangi kualitas tidur.

Efek kafein pada kopi bisa bertahan di dalam tubuhmu selama kurang lebih 6-8 jam. Maka dari itu, mengonsumsinya di jam 3 atau 4 sore sebenarnya tidak terlalu direkomendasikan. Apalagi bagi kamu yang susah tidur di malam hari. Jika kamu tiba-tiba ingin minum kopi di sore hari, cobalah meminum kopi decaf alias kopi dengan kafein rendah.

2. Kurangi eksposur blue light di malam hari

Tips mengatur pola tidur yang baik selanjutnya adalah mengurangi eksposur blue light. Blue light adalah cahaya yang terpancar dari perangkat elektronik, baik itu laptop maupun handphone. Apabila kamu masih bermain handphone ketika mendekati jam tidur, otakmu akan berpikir bahwa kamu masih harus beraktivitas seperti di siang hari.

Itulah mengapa kamu perlu menghindari bermain handphone 1-2 jam sebelum tidur supaya bisa tidur lebih cepat. Trik lain yang bisa kamu coba adalah dengan mengenakan kacamata anti blue light atau menginstal aplikasi yang bisa mengurangi blue light di perangkatmu.

3. Kurangi tidur siang yang tidak rutin dan terlalu lama

Short power nap atau tidur siang yang singkat memanglah bermanfaat, tetapi tidur siang yang tidak rutin dan terlalu lama bisa berdampak negatif pada pola tidur. Durasi tidur siang yang direkomendasikan adalah selama 30 menit atau kurang. Lebih dari itu, kamu akan berisiko mengalami kesulitan tidur. Apabila kamu mengalami insomnia, kamu perlu mengurangi durasi tidur siangmu.

4. Pertahankan jadwal tidur yang teratur

Cara meningkatkan pola tidur yang baik selanjutnya adalah dengan mencoba tidur dan bangun di jadwal yang sama setiap harinya. Hal ini sangat penting terutama untuk membuat ‘jam tubuh’ kamu ingat kapan harus istirahat.

Bagi pekerja, hal ini mungkin agak sulit untuk dilakukan terutama saat weekend. Ternyata, orang yang tidur tidak teratur selama weekend memiliki kualitas tidur yang kurang baik, lho. Kamu bisa berusaha menerapkan tips yang satu ini dengan alarm. Jika sudah terbiasa, kamu pasti tidak akan memerlukan alarm lagi.

Demikian 8 tips dari Glints untuk memperbaiki pola tidurmu. Kualitas tidur yang baik bisa menimbulkan semangat dan energi yang lebih positif saat bekerja. Jadi, jangan lupa untuk terapkan cara-cara di atas, ya.

5. Minum suplemen tambahan jika diperlukan

Suplemen seperti melatonin sangat membantu orang-orang yang mengalami insomnia. Suplemen ini bisa kamu temui di apotek atau toko resmi online. Namun, kamu perlu berhati-hati karena tidak semua orang boleh mengonsumsinya.

Jadi, jangan lupa untuk konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Selain itu, pola tidur yang kurang baik juga tidak hanya disebabkan oleh kurangnya suplemen, tetapi bisa jadi disebabkan karena adanya gangguan kesehatan.

6. Optimalkan suasana kamar tidur

Menurut Healthy Driven, salah satu cara mewujudkan pola tidur yang baik adalah dengan memastikan kenyamanan tempat tidur. Mulai dari lampu tidur yang redup, kasur dan bantal yang nyaman dan bersih, temperatur kamar yang pas, hingga ruangan yang terbebas dari kebisingan.

Hindari melakukan aktivitas lain di tempat tidur agar otak kamu bisa tahu bahwa setiap kamu ada di atas tempat tidur, itulah saatnya kamu harus beristirahat.

7. Olahraga teratur, tapi usahakan tidak di malam hari

Selain untuk menjaga kesehatan, olahraga juga tentunya bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur. Namun, olahraga yang dilakukan terlalu dekat dengan jam tidur sebenarnya tidak terlalu direkomendasikan.

Meskipun tidak menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan, hal ini bisa membuatmu susah tidur di malam hari. Mengapa demikian? Ketika selesai berolahraga, adrenalinmu akan terpacu dan mengakibatkan rasa kantuk jadi menghilang.

8. Lakukan sesuatu yang membuatmu rileks

Upaya terakhir untuk memperbaiki pola tidur yang lebih baik adalah melakukan relaksasi sebelum tidur. Setiap orang boleh memiliki metode relaksasi yang berbeda-beda, seperti:

• mendengarkan podcast

• mandi dengan air hangat

• membaca buku

Selama bisa membantumu merasa lebih rileks, lakukanlah aktivitas tersebut sebelum tidur. Namun, tetap usahakan untuk menghindari hal-hal di atas, ya, seperti tidak meminum kafein di sore hari atau berlama-lama bermain handphone ketika hendak tidur.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Untuk Investasi Kesehatan Jangka Panjang

Manfaat Kurma untuk Kesehatan Tubuh Manusia