Manfaat Kurma untuk Kesehatan Tubuh Manusia


Buah kurma merupakan buah yang berasal dari Negara Timur Tengah. Biasanya, buah ini banyak kita jumpai ketika memasuki bulan suci Ramadhan. Karena, kurma biasanya menjadi makanan pembuka ketika sudah memasuki waktu berbuka puasa.

Selain memiliki rasa yang lezat, ternyata buah kurma juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tak heran, Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk memakan satu buah kurma setiap hari.

Nah, untuk kamu yang belum mengetahui apa itu manfaar buah kurma, berikut info lengkap tentang baik itu manfaat kurma untuk ibu hamil, hingga manfaat kurma untuk anak-anak. Yuk simak informasinya dibawah ini:

1. Baik untuk Penderita Konstipasi

Kurma sering kali dijadikan panganan pencuci perut. Inilah sebabnya mengapa kurma sering dikonsumsi bagi orang yang menderita konstipasi. Cara pembuatannya cukup mudah, rendam kurma dalam air selama satu malaman. Kemudian, makan kurma yang telah direndam dengan air.

Kurma memiliki tingkat serat yang tinggi, yang sangat baik untuk memperlancar proses buang air besar, sehingga kurma dipercaya bisa menyembuhkan gejala konstipasi.

2. Membantu Menguatkan Tulang

Kandungan mineral yang sangat tinggi pada buah kurma bisa melawan penyakit seperti osteoporosis. Karena kurma mengandung selenium, mangan, tembaga dan magnesium.

Kandungan dari keseluruhan kurma ini merupakan komponen yang baik untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang. Khususnya bagi orang-orang yang mulai menua dan kondisi tulangnya mulai lemah.

3. Gangguan Usus

Kurma mengandung nikotin yang dianggap bermanfaat dalam menyembuhkan berbagai macam gangguan usus. Konsumsi buah kurma secara rutin akan menghambat pertumbuhan organisme patologis dan membantu menstimulasi bakteri yang bermanfaat untuk usus.

Untuk kamu yang mengalami masalah pencernaan, kurma mengandung serat yang larut dan tidak larut, serta asam amino yang bermanfaat untuk menstimulasi pencernaan makanan dan membuat makanan lebih mudah dicerna.

4. Anemia

Kurma memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi, kandungan zat besi pada kurma menjadikan kurma baik bagi penderita anemia. Kandungan tinggi zat beso akan menyeimbangkan kekurangan zat besi pada pasien anemia, meningkatkan energy dan tenaga dan mengurngi rasa lelah.

5. Alergi

Salah satu yang menarik dari buah kurma adalah mengandung sulphur organik. Elemen ini bisa ditemukan pada makanan, kurma memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Termasuk mengurangi reaksi alergi.

6. Membantu Proses Persalinan Normal

Manfaat kurma untuk ibu hamil akan membantu proses persalinan normal. Ketika ibu hamil mengonsumsi kurma, maka akan menghasilkan leher rahim akan melebar, sehingga induksi tidak perlu dilakukan lagi.

7. Manfaat Sari Kurma untuk Asam Lambung

Bagi penderita asam lambung kurma akan memberikan manfaat sari kurma untuk asam lambung. Kurma bisa dimakan langsung atau dikombinasikan dengan makanan sehar lainnya, seperti kacang Almond, keju, Smoothies, Oatmeal hingga adonan biscuit.

8. Meningkatkan Kesuburan

Manfaat kurma muda dipercaya bisa meningkatkan kesuburan, baik pada wanita ataupun pria. Hal ini terjadi akrena manfaat kurma muda mengandung asam amino dan seng.

Di Negara Timur Tengah, serbuk sari kurma (Date Palm Pollen) kerap dijadikan sebagai obat untuk mengatasi masalah kesuburan, terutama pada pria. Biji dan serbuk sari kurma memiliki senyawa yang bekerja seperi hormone-hormon reproduksi pria dan wanita.

9. Kesehatan Sistem Syaraf

Kandungan vitamin pada buah kurma bisa meningkatkan sistem syaraf. Manfaat susu kurma ini karena mengandung Potassium yang bisa meningkatkan kecepatan dan kesiagaan aktivitas otak. Oleh sebab itu, kurma merupakan sumber makanan yang baik bagi tubuh.

10. Kesehatan Jantung

Manfaat Sari Kurma berikutnya adalah membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Cara menyajikan kurma supata baik bagi kesehatan jantung adalah rendam kurma selama satu malaman, pada pagi hari, kurma ditumbuk dan kurma siap dikonsumsi.

Kurma kaya akan Potassium, dimana pada sebuah penelitian menunjukkan bahawa potassium akan mengurangi risiko terkena Stroke dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan jantung.

Buah kecil dengan sejuta manfaat ini memiliki beberapa jenis. Kurma yang beredar dipasaran tak kalah dengan jenis kurma yang memiliki harga selangit, untuk itu kamu bisa mulai mengonsumsi kurma setiap hari supaya bisa menjaga kesehatan tubuhmu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Untuk Investasi Kesehatan Jangka Panjang