7 Buah yang Dianjurkan untuk Sahur dan Berbuka Puasa

 


Ibadah puasa merupakan kewajiban bagi umat islam selama bulan Ramadhan. Menahan lapar dan haus dari mulai terbitnya matahari sampai tenggelamnya matahari.

Supaya tubuh tetap bugar ketika berpuasa, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi jenis makanan tertentu, seperti buah-buahan. Ada beberapa jenis buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi ketika sahur dan berbuka.

Berikut beberapa buah yang dianjurkan untuk sahur dan berbuka puasa:

1. Kurma

Mengonsumsi buah kurma menjadi salah satu sunnah yang dianjurkan Rasullah SAW. Kurma memiliki kandungan gula alami yang bisa memberikan energi serta mineral yang kaya akan kalium dan serat.

Memakan kurma ketika berbuka puasa bisa menggantikan gula putih yang sehat dan kaya akan kandungan nutrisi, serta, dan antioksidan. Walaupun kurma tinggi serat dan nutrisi, kurma baik dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Baca Juga Buah untuk Sahur dan Berbuka Puasa

2. Pisang



Buah yang dianjurkan untuk sahur dan berbuka puasa selanjutnya adalah pisang. Buah pisang memiliki kandungan kalori dan karbohodrat yang cukup banyak. Buah pisang menjadi alternative yang tepat untuk orang yang memiliki riwayat sakit mag.

3. Apel



Buah apel mengandung serat yang tinggi, sehingga akan memberikan rasa kenyang lebih lama saat berpuasa. Kandungan pectin pada buah apel bisa membantu untuk mengontrol kadar kolesterol dan gula darah di dalam tubuh.

Zat gizi konsentrat pada buah apel terletak pada bagian bawah kulitnya. Oleh sebab itu, terdapat berbagai manfaat buah apel yang baik untuk kesehatan jika tidak mengupas kulitnya.

4. Alpukat


Buah alpukat termasuk kedalam buah yang kaya akan serat. Banyak para peneliti menyebutkan bahwa mengonsumsi alpukat dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Kandungan lemak tak jenuh yang dimiliki alpukat juga bagus untuk mengontrol kadar kolesterol saat berpuasa.

Alpukat biasanya dijadikan sebagai campuran Smoothie atau segelas kecil jus yang baik dinikmati ketika sahur. Setelah mengonsumsi alpukat, perut akan terasa kenyang lebih lama.

5. Jeruk



Buah jeruk mengandung banyak vitamin C yang bagus untuk menjaga imun dan kebugaran selama berpuasa. Nutrisi yang baik untuk menjaga tubuh agar tidak lemas selama berpuasa dan mampu melindungi tubuh dari infeksi penyakit.

Meski bagian dari buah yang menyehatkan, bagi penderita asam lambut tidak dianjurkan untuk mengonsumsi jeruk ketika berpuasa. Karena hal ini bisa memicu terjadinya asal lambung atau perut tidak nyaman.

6. Pepaya



Pepaya mengandung banyak nutrisi, mulai dari beta karoten, vitamin C, E dan antioksidan, antikarsinogenik hingga Carotenoid. Buah ini memiliki rasa manis yang mengandung enzim papain yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan sistem pencernaan dan imunitas tubuh.

7. Jambu Biji


Sama seperti jeruk, jambu biji juga kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Buah yang berwarna merah mudah cocok untuk dijadikan minuman jus dan Dessert saat berbuka puasa dan bagus juga untuk sahur.

Nah itu tadi 7 rekomendasi buah yang baik untuk dikonsumsi ketika sahur dan berbuka puasa. Semoga artikel ini bermanfaat. Dan terimakasih sudah membaca artikel ini sampai habis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Untuk Investasi Kesehatan Jangka Panjang

Manfaat Kurma untuk Kesehatan Tubuh Manusia