Segudang Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Mungkin sudah bukan rahasia lagi jika lidah buaya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk meredahkan sariawan.

Lidahbuaya alias aloe vera sudah sejak lama dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit. Tanaman ini sudah terbukti khasiatnya, tidak hanya secara tradisional tapi juga ilmiah. Salah satu manfaat lidah buaya yang paling populer adalah sebagai penyembuh luka di kulit.

Tak hanya itu, lidah buaya bahkan dinilai berpotensi membantu mengatasi gangguan kesehatan yang lebih kronis seperti kadar gula darah tinggi hingga kanker payudara.

Ingin tahu lebih dalam mengenai manfaat lidah buaya? Yuk, ikuti ulasan kami di bawah ini!

1. Menjaga kesehatan rongga mulut

Manfaat pertama adalah untuk menjaga kesehatan rongga mulut. Pasalnya, bagian luar lidah buaya mengandung antrakuinon yang memiliki efek pencahar.

Meski demikian, kamu disarankan untuk tidak mengonsumsinya terlalu banyak, serta tetap berhati-hati saat membersihkan dan mengolahnya.

2. Membantu menurunkan kadar gula darah

Manfaat selanjutnya untuk menurunkan kadar gula darah. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi jus lidah buaya (Aloe vera) sebanyak dua sendok makan setiap hari selama dua minggu membantu menurunkan kadar gula darah pada pengidap diabetes tipe 2.

Penelitian yang sama juga menyebutkan bahwa dengan pola konsumsi yang sama, kadar trigliserida dalam darah dapat diturunkan.

3. Sebagai sumber vitamin C

Manfaat ketiga sebagai sumber vitamin C. Vitamin ini baik untuk kesehatan karena dapat berperan sebagai antioksidan dan membantu melawan inflamasi atau peradangan, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C dalam lidah buaya juga bisa melawan efek radikal bebas sehingga kulit dan tubuh akan tetap sehat.

4. Meredakan sariawan

Manfaat berikutnya adalah meredakan sariawan. Mengoleskan lidah buaya pada sariawan dipercaya dapat membantu mempercepat penyembuhannya. Pasalnya, lidah buaya bisa membantu meredakan iritasi sekaligus mengurangi nyeri dan radang pada bagian rongga mulut yang menglamai sariawan.

Kamu dapat mengoleskan gel lidah buaya pada bagian rongga mulut seperti lidah, pipi bagian dalam, gusi, hingga bibir yang terkena sariawan secara langsung.

5. Obat Pencahar Alami

Manfaat terakhir untuk obat pencahar alami. Lidah buaya dianggap sebagai pencahar alami dan sejumlah penelitian telah melihat manfaat sukulen ini untuk membantu pencernaan dengan hasil yang beragam.

Sebuah tim ilmuwan Nigeria melakukan penelitian pada tikus dan menemukan bahwa gel yang terbuat dari tanaman hias lidah buaya dapat meredakan sembelit.

Oke sahabat blog, itulah beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan

8 Manfaat Mimun Air Hangat di Pagi Hari, Sudahkah Kamu Melakukannya?

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Untuk Investasi Kesehatan Jangka Panjang