11 Cara Menghilangkan Kantung Mata Alami dan Penyebabnya


LEBIHSEHAT
- Kantung mata adalah akibat dari kekurangan istirahat, penuaan, mengkonsumsi alkohol, merokok, dan faktor genetika. Ini adalah hal normal yang dimiliki orang banyak. Kantung mata biasanya muncul terlihat seperti lingkaran hitam dibawah mata.

Sehingga dapat membuat penampilan menjadi tampak lebih tua dan tidak percaya diri ketika melakukan wawancara, pemeriksaan tes buta warna saat melamar pekerjaan atau bertemu keluarga, sahabat, pacar, serta teman-teman lama..

Munculnya biasanya bukan  permasalahan kesehatan yang berat. Tetapi, hal ini mungkin mengganggu dalam bidang kecantikan.

Cara menghilangkan kantung mata alam

1. Mengkompres mata dengan es

Mengompres mata dengan handuk dingin yang berisi es batu dapat mengurangi pelebaran dan membantu mengecilkan pembuluh darah yang melebar di sekitar mata.

2. Istirahat yang cukup

Kebiasaan orang yang tidak mencapai cukup tidur pada malam hari akan membuat pembuluh darah dalam tubuh akan melebar, ini dapat mengakibatkan peningkatan aliran darah terutama pada kulit di bawah mata yang lebih tipis, sehingga mudah berubah warna menjadi gelap.

3. Meninggikan kepala saat tidur

Meninggikan kepala atau bantal ketika tidur dapat membantu mengurangi kantung mata. Cobalah tinggikan kepala dengan menggunakan bantal tambahan. Hal ini akan mencegah cairan darah menggenang di bawah mata dan menghindari pembengkakan.

4. Dikompres dengan teh hijau

Bisa juga digunakan untuk membantu menghilangkan kantung mata. Tenin dalam teh mengandung antioksidan kuat dan yang dapat meningkatkan aliran darah ke kulit dan berpotensi memperlambat proses penuaan..

5. Konsumsi vitamin C

Dengan bertambahnya usia tubuh, otot dan jaringan tubuh pada mata akan melemah. Meningkatkan konsumsi vitamin C dapat membantu tubuh meningkatkan kolagen dan menghilangkan kantung mata.

6. Memakai Sendok

Menghilangkan kantung mata menggunakan sendok dapat juga dicoba karena mudah. Yaitu masukkan dua sendok besi ke dalam kulkas semalaman. Dan esoknya tempelkan di bawah mata Anda dan lakukan sedikit ditekan dan dipijat perlahan-lahan.

7. Dikompres dengan mentimun

Mengkompres dengan potongan timun dingin di sekitar mata dapat membantu, karena Timun mengandung vitamin C dan asam kafeat yang bisa meredakan mata lelah dan menghilangkan kantung mata dan mengurangi pembengkak..

8. Rajin Olahraga

Olahraga teratur seperti yang sering dilakukan Caitlin Haldernan setelah pulang syuting dianggap mampu meningkatkan sirkulasi peredaran darah sehingga aliran darah ke kulit optimal dan untuk membantu proses regenerasi sel-sel tubuh sehingga kulit jadi lebih cerah dan tampak lebih muda, termasuk membantu menghilangkan kantung mata.

9. Minyak kelapa

Mengoleskan minyak kelapa dapat membantu menghilangkan kantung mata sebab kandungan anti-inflamasi dalam minyak sangat efektif untuk meredakan pembengkakan dan mencerahkan lingkaran hitam di bawah mata. Minyak kelapa melembabkan kulit.

10. Kompres dengan kentang

Kentang merupakan salah satu sumber yang bagus untuk pembentukan kolagen pada kulit sehingga mampu menghilangkan kantung mata. Parutan beberapa kentang menjadi ekstrak jus lalu dikompres pada mata Anda selama sekitar 10 menit lalu dibilas dengan air hangat.

11. Bermasker susu

Susu adalah sumber vitamin A yang baik untuk menjaga kulit tampak cerah sehingga mampu membantu menghilangkan kantung mata. Untuk mendapatkan manfaat vitamin A susu, rendam kapas dalam mangkuk susu dingin lalu gunakan kapas tersebut pada mata dan diamkan selama 10 menit.

Penyebab Kantung Mata

ü  Kurang Istirahat

Kurang istirahat yang cukup mengakibatkan darah tidak mengalir dengan baik termasuk ke area mata. Hal itu membuat darah akan menumpuk dibawah mata yang mempunyai kulit yang amat tipis. Menghitam juga, contohnya seperti terlihat pada unggahan wajah Bunga Citra Lestari pada saat persiapan film Habibie & Ainun (2013).

ü  Mata kering dan Alergi

Mata kering dan alergi dapat memicu adanya muncul lingkaran menghitam pada mata. Ketika mengalami alergi, tubuh akan melepaskan zat histamin yang di terima oleh tubuh. Histamin inilah yang menyebabkan pembuluh darah akan melebar pada bagian bawah mata.

ü  Minuman alkohol dan merokok

Minuman alkohol dan merokok adalah aktifitas yang tidak sehat, dapat menyebabkan kantung mata menghitam. Hal itu membuat rusaknya kolagen dan membuat kulit menjadi mengendur dan kusam. Hindari juga konsumsi makanan laut yang berlebihan seperti kepiting bakau, kerang, dan makanan yang terlalu manis

ü  Faktor Keturunan

Kantung mata yang menghitam dapat diterima dari warisan keturunan yang berasal dari orang tua. Bukan hanya itu, orang yang berkulit gelap pun bisa mempunyai resiko lebih besar untuk mengalami menghitamnya kantung mata.
11 Cara Menghilangkan Kantung Mata Alami dan Penyebabnya 11 Cara Menghilangkan Kantung Mata Alami dan Penyebabnya Reviewed by AdmLebihSehat on Januari 27, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.