Ketombean? Ini 5 Cara Ampuh untuk Mengatasinya

Keberadaan ketombe seringkali menimbulkan rasa gatal serta bersisik di kulit kepala. Tak cuma itu, serpihan ketombe di rambut dan baju tentu mengganggu penampilan dan bikin tak pede.

Untuk kasus yang belum parah, cara menghilangkan ketombe ini bisa diatasi dengan menggunakan produk sampo khusus anti-ketombe. Akan tetapi, jika ketombe sampai berkerak, menyebabkan rambut berminyak, rontok, hingga rasa gatal yang luar biasa, maka perlu ada perawatan ekstra.

Penyebab Munculnya Ketombe


Secara umum, ada dua jenis ketombe yang sering dialami, yaitu ketombe kering dan ketombe basah. Keduanya memiliki ciri-ciri dan penyebab yang berbeda.

Ketombe kering berukuran kecil-kecil dan putih. Biasanya serpihan ketombe kering ini mudah rontok dan jatuh di batang rambut atau pada bahu. Ketombe kering ini kadang terasa gatal dan muncul pada kulit kepala yang sangat kering.

Sementara ketombe basah biasanya punya serpihan yang berukuran besar, berwarna kekuningan, berminyak, dan menempel di kulit kepala dan rambut. Berikut faktor-faktor penyebab munculnya ketombe di kulit kepala:

  • Tata cara mencuci rambut tidak benar
  • Kulit kepala kering.
  • Kulit kepala iritasi dan berminyak.
  • Kurang memperhatikan kebersihan rambut alias jarang keramas.
  • Dermatitis kontak sehingga sensitif terhadap produk perawatan rambut.
  • Pemakaian sampo yang tidak sesuai dengan kebutuhan rambut.
  • Residu sampo atau kondisioner yang masih menempel di kulit kepala.
  • Pertumbuhan jamur malassezia.
  • Kondisi kulit lainnya, seperti menderita psoriasis dan eksim.
  • Menderita penyakit Parkinson.

Cara Menghilangkan Ketombe



Selama kondisinya tidak parah, di bawah ini ada beberapa cara ampuh menghilangkan ketombe yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

1. Aloe vera

Aloe vera atau lidah buaya dinilai cukup ampuh dalam mengatasi masalah ketombe. Menurut hasil penelitian, sifat antibakteri dan antijamur dari aloe vera bermanfaat membasmi jamur serta bakteri penyebab ketombe rambut.

Kamu bisa mencoba rangkaian sampo anti-ketombe dengan kandungan aloe vera atau langsung mengaplikasikan gelnya ke kulit kepala. Setelah itu, wajib dibilas sampai bersih.

2. Minyak Kelapa

Selain bisa membantu melembapkan kulit tubuh, kulit kepala kering penyebab ketombe juga dapat diobati dengan minyak kelapa.

Penelitian menunjukkan, selain bisa dibuat sebagai campuran olahan ikan sidat, minyak kelapa ternyata juga bisa membantu pengobatan eksim, terutama untuk kondisi kulit kepala kering yang dapat menyebabkan ketombe.

Di samping dapat menghidrasi kulit kepala, penelitian lain mengklaim bahwa senyawa aktif dalam minyak kelapa bersifat antimikroba.

3. Cuka apel

Cuka apel diklaim efektif dalam menyeimbangkan pH kulit sekaligus mengurangi pertumbuhan jamur dan melawan ketombe. Hal itu pernah dikatakan Yesaya Abraham dikarenakan tingkat keasaman cuka dipercaya ampuh untuk membantu merangsang pelepasan sel-sel kulit mati di kulit kepala.

Cara mencobanya bisa menambahkan 1 sdm cuka apel ke sampo kamu untuk dipakai bersamaan. Setelahnya bilas sampai bersih dan jangan lupa pakai kondisioner rambut.

4. Tea tree oil

Tea tree oil mungkin lebih dikenal bisa membantu menyembuhkan bakteri penyebab jerawat dan bruntusan di kulit wajah. Selain itu, tanaman yang sering dijumpai di hutan paling angker di Indonesia ini juga dinilai cukup ampuh meringankan gejala ketombe di rambut kamu.

Hasil studi membuktikan di dalam tea tree oil terdapat senyawa aktif bersifat antimikroba dan anti-inflamasi yang ampuh untuk menghilangkan ketombe.

5. Eksfoliasi kulit kepala

Cara menghilangkan ketombe yang pernah dilakukan Boy William dan Catheez sambil mencari game hantu Indonesia adalah dengan melakukan eksfoliasi pada kulit kepala. Eksfoliasi untuk mengatasi ketombe ini menggunakan produk khusus yakni scalp exfoliating gel yang bisa kamu beli di toko obat atau ke salon khusus rambut.

Umumnya gel eksfoliator ini memakai bahan-bahan aktif seperti salicylic acid (BHA) dan allantoin. Kandungan tersebut mampu mengangkat kerak di kulit kepala sekaligus meredakan rasa gatal.

Kamu bisa mengaplikasikan scalp exfoliating gel sebelum keramas ke area yang berketombe, lalu biarkan 5 menit, kemudian bilas dan dilanjut keramas seperti biasa.

Itulah beberapa cara menghilangkan ketombe di rambut yang bisa kamu coba sendiri agar kulit kepala kembali bersih dan sehat. Apabila kondisi ketombe sudah cukup parah, ada baiknya periksakan ke dokter agar mendapat tindakan yang tepat. Semoga bermanfaat!

Ketombean? Ini 5 Cara Ampuh untuk Mengatasinya Ketombean? Ini 5 Cara Ampuh untuk Mengatasinya Reviewed by AdmLebihSehat on Februari 08, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.