Cara Mengatasi Bisul dengan Efektif dan Tanpa Bekas

Siapa nih dari kamu yang pernah mengalami bisulan? Penyakit bisul adalah kondisi di mana terdapat benjolan berwarna merah, berisi nanah, dan terasa nyeri pada kulit akibat peradangan.

Peradangan pada bisul disebabkan oleh infeksi bakteri pada folikel rambut (tempat tumbuhnya rambut). Benjolan ini bisa timbul di bagian tubuh mana saja, namun paling umum terjadi pada kaki, tangan, leher, ketiak, dan terkadang muncul di area kemaluan.

Hal ini terjadi karena bagian-bagian tersebut sering mengalami gesekan dan berkeringat. Bisul juga bisa tumbuh di kelopak mata, yang dikenal dengan istilah bintitan.

Umumnya, bisul kecil akan sembuh dalam waktu 2 minggu dengan perawatan yang tepat. Namun, jika bisul yang muncul semakin memburuk dan menimbulkan keluhan lain yang mengganggu, kamu perlu mengatasinya untuk mencegah kondisi semakin parah dan timbul komplikasi.

Berikut beberapa cara mengatasi bisul yang perlu kamu ketahui.

Cara Mengobati Bisul

1. Kompres Air Hangat

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengompres bisul dengan air hangat. Caranya, rendam handuk bersih ke dalam air panas, kemudian kompres pada area bisul sekitar 20 menit. Lakukan hal ini tiga atau empat kali dalam sehari, sampai bisul hilang.

Kehangatan kompres tersebut dapat meningkatkan sirkulasi atau tekanan di pori-pori yang terinfeksi sehingga perlahan-lahan nanah akan keluar ke permukaan kulit.

2. Garam Epsom

Kamu dapat menggunakan garam epsom, karena garam ini terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk kemampuan untuk mengobati bisul. Garam ini dapat membantu menguras nanah sehingga bisul cepat mengering.

Caranya, larutkan garam epsom dalam air hangat dan rendam kompres di dalamnya. Oleskan kompres ke area yang muncul bisul selama 20 menit. Lakukan hal ini setidaknya 3 kali sehari sampai bisul hilang.

3. Bawang

Cara selanjutnya adalah menggunakan bawang. Bahan masakan yang satu ini memiliki sifat antimikroba yang membuatnya menjadi pengobatan alami dan efektif agar bisul cepat pecah.

Bawang yang dicincang akan melepaskan senyawa yang bersifat antiseptik, menambah efisiensinya sebagai obat rumahan untuk pengobatan bisul.

Caranya, iris bawang kemudian bungkus dengan kain kasa dan letakkan di atas bisul atau luka selama 1 jam sekali atau dua kali sehari.

4. Kunyit Bubuk

Kunyit bubuk bersifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat menyembuhkan bisul dan membuangnya dengan cepat. Bubuk kunyit telah digunakan sebagai pembersih darah alami selama ribuan tahun sebagai pengobatan timur.

Caranya, campur bubuk kunyit dengan air atau jahe untuk membuat masker, dan oleskan ke bagian bisul setidaknya 2 kali sehari.

5. Tea Tree Oil

Tea tree oil merupakan salah satu minyak organik yang kaya manfaatnya untuk kulit. Minyak ini dikenal mampu melawan jerawat dan menyembuhkan luka. Termasuk gangguan kulit seperti bisul.

Minyak ini mengandung antiseptik dan antibakteri yang ampuh mengatasi bisul. Caranya, campurkan tea tree oil dengan minyak zaitun. Kemudian, oleskan campuran minyak tersebut ke permukaan bisul menggunakan kapas.

Demikianlah beberapa cara mengobati bisul agar cepat kempes dengan bahan alami. Semoga bermanfaat.

Cara Mengatasi Bisul dengan Efektif dan Tanpa Bekas Cara Mengatasi Bisul dengan Efektif dan Tanpa Bekas Reviewed by AdmLebihSehat on Februari 11, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.