Manfaat Bawang Putih Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

 


Di ulasan kami kali ini, kami akan memberikan manfaat bawang putih yang jarang orang ketahui. Mungkin bagi sebagian banyak orang, bawang putih hanyasebuah umbi-umbian yang digunakan di dalam masakan atau sering dijadikan sebuah bumbu.

Padahal perandari bawang putih tidak hanya itu saja, bahkan lebih dari itu. Di dunia kesahatan, bawang putih merupakan salah satu umbi siung yang dikenal memiliki banyak sekali manfaat.

Di dalam bawang putih terdapat banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Per 100gram bawang putih di dalamnya sudah ada:

·       4 kalori

·       1gram karbohidrat

·       0,2gram protein

·       0,1gram serat

·       0,1 miligrammangan (setaradengan 3% kebutuhanhariantubuh)

·       0,9 miligram vitamin C (setaradengan 2% kebutuhanhariantubuh)

·       5,4 miligramkalsium (setaradengan 1% kebutuhanhariantubuh)

·       0,4 mikrogram selenium (setara 1 persen% kebutuhanhariantubuh)

·       sederetantioksidanseperti flavonoid, oligosakarida, dan asam amino.

Tidak hanya itu, bawang putih juga memiliki nutrisi tambahan yakni senyawa sulfuraktif seperti alliin, allyl proply disulfide, dialildi sulfida, dan dialiltri sulfilda. Dimana, seyawa-senyawa tersebut memiliki peran dan fungsi masing-masing untuk Kesehatan.

Manfaat Bawang Putih

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, bawang putih memiliki banyak sekali manfaat. Apa sajakah manfaat dari bawang putih tersebut? Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui selengkapnya.

1. Menurunkan Kolestrol

Bawang putih sudah lama dikenal sebagai salah satu makanan terbaik yang dapat mencegah kolestrol menjadi lebih tinggi. Sebuah penelitian mengatakan bahwa jika kitamemakan sekitar 10gram bawang putih mentah setiap hari secara rutin, maka dalam 2 bulan saja kolestrol akan menurun secara drastis.

Penelitian itu pun semakin dikuatkan dengan dilakukan studi langsung yang di dalamnya meneliti 50 orang yang memiliki kolestrol tinggi dan memakan 3gram bawang putih mentah selama 1 kali. Di dalam 90 hari masa percobaan, seluruh partisipan mengalam ipenurunan kolestrol yang cukup signifikan.

2. Dapat Mengendalikan Tekanan Darah

Jika kamu adalah penderita tekanan darah yang tinggi, maka kamu dapat mencoba memakan bawang putih ini. Karena bawang putih dikenal sebagai salah satu makanan yang dapat menurunkan tekanan darah.

Hal itu dibuktikan daris ebuah penelitian yang melaporkan bahwa tekanan darah yang turun dengan mengkonsumsi bawang putih mentah sama dengan mengkonsumsi obat khusus tekanan darah tinggi.

Kamu dapat mengonsumsi bawang putih ini dengan cara dikunyah mentah langsung, diuleg, dipotong, atau digoreng terlebih dahulu. Cara ini dapat membuat kandungan allicinnya mudah diserap oleh tubuh.

3. Obat Jantung

Bagi penderita jantung koroner pasti sudah cukup tau bahwa salah satu makanan yang dapat mencegah atau mengurangi resiko terkena serangan jantung adalah bawang putih. Dengan mengonsumsi bawang putih secara teratur dan rutin,kamu dapat megurangiresiko aterosklerosis.

Aterosklerosis adalah sebuah penyakit yang muncul akrenatimbunan lemak yang menyumbat di dalam arteries eseorang. Sejumlah penelitian mengatakan bahw aekstrak aged garlic yang ada di dalam bawang putih dapat mengurangi penumpukan lemak atau plak di dalam arteri.

Kondisi itulah yang membuat bawangp utih dapat mengurangi resikoterjadinya jantung koroner dan sejumlah penyakit lainnya.

4. Menurunkan Resiko Kanker

Sebuah penelitian mengatakan bahwa dengan mengonsumsi bawang putih secara rutin akan menurunkan resiko terjadinya beberapa jenis kanker. Beberapa jenis kanker itu antara lain adalah kanker perut, kanker tenggorokan, kanker pankreas, kanker payudara dan beberapa jenis kanker lainnya.

Dengan kandungan sulfur aktif di dalam bawang putih, resiko terjadi kanker akan semakin kecil dan menghambat penyebarannya ke dalam seluruh tubuh.

5. Menjaga Daya Otak

Tidak hanya baik untuk jantung, ternyata bawang putih juga cukup baik untuk otak. Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa karbohidrat di dalam bawang putih dapat melindungi sel-sel otak terhadap penuaan dan penyakit yang ada di otak.

Selain itu, bawang putih juga dapat mengurangi kadar asidanitrat yang diproduksi oleh otak dalam melawan peradangan dan stress oksidatif. Jadi jika kamu sedang mengalami Kesehatan otak yang kurang baik, kamu dapat mengonsumsi bawang putih secara rutin.

Itulah beberapa manfaat bawang putih yang jarang diketahui oleh banyak orang. Temukan artikel sehat lainnya di dalam blog kami selengkapnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan

8 Manfaat Mimun Air Hangat di Pagi Hari, Sudahkah Kamu Melakukannya?

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Untuk Investasi Kesehatan Jangka Panjang