Mengenal Penyebab gigi Berlubang Serta Cara Perawatannya

Karies gigi atau sering disebut gigi berlubang suatu dimana lapisan gigi mengalami kerusakan yang dapat mengenai lapisan terluar gigi/email hingga lapisan dalam gigi/ dentin serta bisa mencapai kerusakan saraf/pulpa.

Penyebab Gigi Berlubang

1. Plak

Plak adalah penyebab utama gigi berlubang, karena plak merupakann lapisan lengket yang terdiri dari bakteri dan asam. Biasanya terkandung pada makanan atau minuman manis yang mengandung karbohidrat tertentu.

Contohnya kue, permen, soda dan makanan manis lainnya. Apabila tidak segera periksakan kondisi kesehatan gigi ke dokter, maka akan menyebabkan sakit gigi.

2. Kebiasaan Buruk Jarang Menyikat Gigi

Jika anda malas untuk sikat gigi, makanan yang terdapat di rongga mulut akan menghasilkan asam yang akhirnya merusak jaringan gigi.

3. Air Liur yang Terlalu Sedikit

Air liur dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang terdapat di gigi dan menurangi bakteri pada mulut yang menyebabkan pembusukan.

4. Tidak Cukup Flour

Flour merupakan zat alami mengandung mineral yang dapat mencegah dan memperbaiki lubang gigi pada tahap awal. Flour biasanya terkandung pada beberapa minuman dan makanan seperti teh, udang dan lain-lain.

5. Asam Lambung

Jika asam lambung dapat naik ke rongga mulut, dapat menyebabkan kondisi asam sehingga akan mengikis permukaan gigi. Apabila dibiarkan maka kondisi ini akan menyebabka kerusakan gigi yang serius.

Cara perawatan gigi berlubang

Pergi ke dokter gigi untuk melakukan beberapa perawatan gigi yang telah berlubang. Pertanyakan juga seputar keluhan yang anda miliki, karena dokter gigiakan melakukan pmeriksaan gigi kemudian akan disimpulkan kasus gigi anda. 

Beberapa perawatan untuk kasus gigi berlubang:

1. Penambalan gigi

Perawatan pada gigi berlubang yang belum terlalu dalam hingga mengenai saraf gigi, biasanya dokter akan melakukan penambalan gigi. Dokter gigi akan melakukan pembersihan pada sekitar lubang gigi dengan bur lalu menambahkan bahan untuk menambal permukaan gigi anda.

Setelah itu, biasanya diminta untuk control  satu minggu kemudian untuk evaluasi apakah gigi anda sudah nyaman atau masih terdapat keluhan.

2. Pencabutan gigi

Pencabutan gigi dilakukan ketika gigi tersebut sudah tidak memungkinkan untuk di pertahankan lagi.

3. Pemberian obat

Obat yang diberikan tergantung kasus gigi yang anda alami, jika terdeteksi adanya infeksi atau peradangan disertai dengan nyeri atau hanya nyeri saja, maka dokter akan meresepkan obat sesuai diagnose kasus gigi anda.

Jadi jangan lupa untuk tetap mejaga kebersihan mulut anda agar terhindar dari gigi berlubang dan periksa rutin enam bulan sekali kedokter gigi.

Demikian pembahasan artiket diatas mengenai penyebab gigi berlubang serta cara perawatannya. Semoga pembahasan diatas dapat membantu anda dalam merawat gigi anda. Semoga bermanfaat!


Mengenal Penyebab gigi Berlubang Serta Cara Perawatannya Mengenal Penyebab gigi Berlubang Serta Cara Perawatannya Reviewed by AdmLebihSehat on November 23, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.