Tips Merawat Kulit Yang Sensitif, Kering dan Berminyak

Siapa nih diantara kamu yang memiliki kulit wajah yang cenderung sensitive? Seperti yang kita ketahui bahwa kulit yang senstif kadang dikenal dengan jenis kulit yang sangat mudah mengelupas dan tak jarang akan terasa perih jika sampai terpapar zat tertentu, seperti polusi dan juga kandungan zat kimia yang ada pada produk kecantikan.

Hal teresebut memang sering dialami oleh mereka yang memiliki tipe kulit yang kering. Lantas, bagaimana dengan tipe kulit yang berminyak?

Untuk tipikal kulit yang berminyak, wajah akan lebih rentan beminyak, yang mana hal tersebut akan berujung dengan tumbuhnya jerawat, komedo, noda hitam, dan terlihat kusam.

Buat kamu yang memiliki salah satu tipekal kulit tersebut pasti sangat resah, bukan? Sebenarnya kunci dalam merawat kulit baik kering maupun berminyak adalah dengan merawatnya sesuai dengan skincare yang dibutuhkan oleh kulit.

Jadi, bagaimana sih tips merawat kulit yang sesitif, baik itu kering dan juga berminyak? Sudah tahu belum? Jika belum tak perlu risau karena pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya. Yuk langsung simak saja penjelasan berikut ini.

Tips merawat kulit kering sensitif

Tips Merawat Kulit Yang Sensitif, Kering dan Berminyak

1. Membersihkan wajah secara teratur

Agar tetap bersih dan sehat, Anda harus mencuci muka dua kali sehari pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Saat mencuci muka, gunakan  pembersih wajah berbahan kimia ringan dan hindari menggosok wajah terlalu keras. Setelah itu, basuh wajah Anda dengan air hangat dan keringkan dengan lembut menggunakan handuk bersih.

2. Gunakan pelembab

Kulit wajah sensitif rentan terhadap kekeringan dan deklorinasi. Karena itu,  setelah mandi dan mencuci muka, oleskan pelembab secara teratur ke wajah Anda. Namun, pemilik kulit wajah sensitif sebaiknya lebih selektif  memilih pelembab.

Untuk melembabkan kulit wajah yang sensitif, sebaiknya pilih pelembab yang mengandung petroleum jelly, dimethicone, hyaluronic acid, ceramide, atau niacinamide. Bahan-bahan ini umumnya aman dan cocok untuk  kulit sensitif.

3. Gunakan tabir surya dan hindari paparan sinar matahari

Hindari paparan sinar matahari langsung dalam  waktu lama karena dapat membuat kulit lebih sensitif dan  iritasi.

Jika Anda harus keluar di bawah sinar matahari, gunakan tabir surya khusus untuk kulit sensitif dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Selain itu, kenakan pakaian  seluruh  tubuh, topi bertepi lebar, dan kacamata hitam.

4. Pilih produk perawatan yang ramah  kulit

Usahakan  menggunakan produk dengan sedikit bahan kimia atau bahan yang tidak menyebabkan iritasi kulit. Hindari menggunakan  produk perawatan kulit wajah yang mengandung alkohol, asam glikolat dan wewangian.

Lebih baik memilih produk dengan bahan alami seperti lidah buaya, chamomile atau teh hijau. Selain itu, pemilik kulit sensitif juga disarankan untuk membatasi penggunaan scrub atau lulur wajah karena dapat mengiritasi kulit.

5. Batas waktu mandi

Pemilik kulit sensitif dan  kering disarankan untuk mandi hingga 10 menit. Selain itu, hindari mandi dengan air panas karena dapat menghilangkan sebum yang menumpuk di wajah dan menyebabkan wajah menjadi kering. Untuk merawat kulit sensitif, mandilah dengan air biasa atau air  sedikit hangat.

6. Jalani pola hidup sehat

Selain kelima cara di atas, pemilik kulit sensitif dan kering juga harus mengikuti pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Ini dapat dilakukan dengan makan makanan yang seimbang, padat nutrisi, meningkatkan asupan buah dan sayuran, dan minum cukup air.

Untuk merawat kulit sensitif, Anda juga harus menghindari stres dan paparan polutan seperti asap rokok, karena dua hal ini dapat mengiritasi kulit  dan membuatnya tampak kusam.

Perawatan kulit sensitif minyak

Tips Merawat Kulit Yang Sensitif, Kering dan Berminyak

1. Bersihkan wajah secara teratur

Pemilik wajah berminyak sebaiknya mencuci muka 2-3 kali sehari, yakni. pagi hari setelah bangun tidur, setelah berolahraga atau saat wajah banyak berkeringat dan malam hari sebelum tidur.

Saat mencuci muka, pilihlah sabun wajah berbahan kimia ringan yang mengandung gliserin dan bebas alkohol.

2. Gunakan toner setelah mencuci muka

Jika perlu, setelah mencuci muka, oleskan toner ke  wajah dengan kapas  untuk menghilangkan minyak, kotoran dan sisa make-up yang mungkin masih menempel di wajah. Selain itu, facial water juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan pH kulit wajah.

Jika Anda ingin menggunakan pewarna, pilihlah pewarna yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat, asam glikolat, atau asam beta-hidroksi. Bahan-bahan tersebut efektif  mengurangi produksi sebum atau minyak pada wajah.

3. Gunakan pelembab dan tabir surya

Meski  kulit Anda berminyak, Anda tetap perlu menggunakan pelembab dan tabir surya, terutama jika ingin keluar rumah.

Hal ini penting untuk menjaga kelembapan kulit wajah  dan menghindari efek buruk sinar matahari yang dapat menyebabkan kerutan, flek hitam pada wajah dan meningkatkan risiko kanker kulit.

Lebih praktisnya, Anda bisa menggunakan produk pelembab yang mengandung tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Untuk mencegah timbulnya jerawat, gunakan tabir surya dengan zinc oxide dan titanium dioxide serta pelembab yang tidak mengandung alkohol atau wewangian.

Tips Merawat Kulit Yang Sensitif, Kering dan Berminyak Tips Merawat Kulit Yang Sensitif, Kering dan Berminyak Reviewed by AdmLebihSehat on Oktober 17, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.