Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Musim Hujan

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Musim Hujan

Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki dua musim, yakni kemarau dan musim penghujan. Biasanya musim kemarau akan berlangsung selama bulan Januari hingga Juni, dan musim penghujan berada di bulan Juli hingga Desember.

Dalam menghadapi musim hujan, kita tentu perlu menyiapkan banyak hal, selain payung tentunya. Lantas, apa sih sebenarnya hal yang wajib kita persiapkan dikala musim ini tiba?

Yup, jawabannya adalah kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan karena dimusim penghujan seseorang akan lebih rentan terkena penyakit, misalnya saja flu dan demam berdarah.

Untuk itu, perlu bagi kalian agar menjaga kesehatan tubuh dengan baik. Jadi, sudah tahu belum cara menjaga daya tahan tubuh di kala musim hujan tiba? Jika belum tak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya.

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Musim Hujan

Rajin mencuci tangan

Cara termudah menjaga kesehatan tubuh saat musim hujan adalah dengan rajin mencuci tangan. Hal ini disebabkan karena banyak virus dan bakteri yang muncul saat curah hujan tinggi.

Banyaknya bakteri dan virus tentu akan meningkatkan potensi besar untuk terkenal hal yang berbahaya  dari aktivitas sederhana yang kita lakukan seperti memegang pagar atau memegang kursi dan meja di tempat umum yang terkena air hujan.

Rajin mencuci tangan dengan sabun setelah beraktivitas atau keluar rumah. Dengan cara ini, risiko tertular infeksi virus dan bakteri berbahaya dapat dikurangi.

Tidak menyentuh bagian wajah

Cara lain untuk menjaga kesehatan tubuh selama musim hujan adalah dengan  mengurangi  menyentuh wajah. Karena virus flu biasanya masuk ke dalam tubuh manusia melalui mata, hidung dan mulut. Selain itu, telapak tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang paling kotor.

Oleh karena itu, hindari keinginan untuk menggosok mata, menyeka keringat dari dahi atau melakukan apa pun yang memerlukan kontak wajah langsung. Jika Anda perlu menyentuh wajah, gunakan kain atau tisu bersih.

Menghindari cipratan air kotor

Saluran air yang tersumbat dan genangan air yang kotor adalah pemandangan  yang biasa di musim hujan. Keduanya juga merupakan sumber penyakit seperti diare, influenza, kolera dan infeksi jamur  kulit.

Menutupi permukaan kulit adalah cara terbaik menjaga kesehatan tubuh  untuk melindungi diri dari penyakit selama musim hujan sambil tetap beraktivitas.

Mengonsumsi makanan yang sehat

Makan makanan yang mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda, seperti buah dan sayuran. Fitonutrien pada kedua makanan tersebut bermanfaat bagi kesehatan dan dapat membantu melawan bakteri dan virus yang menyerang tubuh.

Apakah kamu tidak suka sayuran hijau? Tenang, kita juga bisa memperbanyak variasi makanan sehat dengan mengonsumsi sayuran lain yang mudah diolah menjadi makanan lezat, seperti kembang kol. Selain itu, kita dapat meningkatkan asupan protein kita dengan meningkatkan asupan kacang-kacangan.

Cara lain untuk menjaga kesehatan tubuh saat musim hujan  adalah dengan mengonsumsi  vitamin C dalam jumlah yang cukup. Vitamin C berguna untuk memperkuat kekebalan tubuh, sehingga dapat membantu mencegah infeksi bakteri dan virus.

Membasmi Kawanan Nyamuk

Populasi nyamuk meningkat pesat  karena banyaknya genangan air yang terbentuk selama musim hujan. Genangan air biasanya menjadi tempat  berkembang biaknya nyamuk.

Untuk mencegah demam berdarah dan penyakit  yang dibawa nyamuk lainnya, jangan malas untuk membersihkan rumah secara rutin. Periksa pot bunga, ember yang tidak digunakan, talang air, downspouts dan tempat lain di mana genangan air dapat terkumpul. Bersihkan genangan air dan tutup  rapat hingga akhir musim hujan.

Minum teh herbal dan air 

Teh herbal membantu meredakan batuk, demam dan sakit tenggorokan, semua penyakit umum selama musim hujan. Buat teh Anda lebih baik dengan menambahkan beberapa bahan penghangat seperti jahe, cengkeh, kemangi, atau mint.

Manfaat air bagi kesehatan  tidak terbantahkan. Minuman  ini  membantu mengeluarkan zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh dari dalam tubuh. Air  juga dapat membantu membersihkan lendir atau dahak pada mereka yang menderita flu biasa.

Bawa Minyak Kayu Putih

Yang terakhir, dianjurkan buat kamu untuk menggunakan minyak kayu putih sebagai sarana menjaga kesehatan tubuh saat musim hujan. Aroma minyak kayu putih akan membantu Anda bernapas dengan mudah dan membuat tubuh Anda lebih rileks. Minyak ini bisa menjadi sahabat Anda di musim hujan ketika hidung tersumbat karena flu, tubuh terasa lemas karena penyakit lain atau Anda lelah bepergian saat musim hujan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan

8 Manfaat Mimun Air Hangat di Pagi Hari, Sudahkah Kamu Melakukannya?

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Untuk Investasi Kesehatan Jangka Panjang