Tips Menjaga Kesehatan Usus, Wajib Tahu!

Tips Menjaga Kesehatan Usus, Wajib Tahu!

Siapa sih yang tak mengenal usus? Pada dasarnya, usus merupakan salah satu dari organ tubuh bagian dalam yang sangat vital dan memegang peranan yang cukup penting.

Untuk itu, penting banget buat kalian untuk lebih peduli kepada usus dengan cara menjaga kesehatannya agar dapat berfungsi dengan baik.

Di dalam usus, terdapat yang namanya Mikrobioma, dimana Mikrobioma ini mengacu pada mikroorganisme yang hidup di dalam organ pencernaan manusia. Manusia memiliki 300 hingga 500 spesies bakteri berbeda di saluran pencernaan kita.

Sebagian juga terdapat mikroorganisme yang berbahaya bagi tubuh sehingga kita perlu terus menjaga kesehatan usus kita.

Jadi, sudah tahu belum tips menjaga kesehatan usus agar terhindar dari penyakit? Jika belum, yuk langsung simak penjelasan berikut.

Tips Menjaga Kesehatan Usus

Tips Menjaga Kesehatan Usus, Wajib Tahu!

1. Mengonsumsi rendah gula dan pemanis

Tips menjaga kesehatan usus yang pertama tentunya adalah dengan mengurangi mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula maupun pemanis buatan.

Sering mengosumsi makanan dengan kadar gula dan pemanis buatan akan memicu timbulnya dysbiosis usus, yakni sebuah keadaan dimana terjadinya ketidakseimbangan jumlah mikroba yang ada di dalam usus.

Menurut hasil sebuah studi, ternyata mengonsumsi pemanis buatan aspartam dapat meningkatkan jumlah bakteri yang memicu metabolik. Penyakit metabolik ini mengacu pada sekelompok kondisi yang meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung.

Hal ini memunjukkan bahwa penggunaan pemanis buatan bisa berdampak negatif pada kadar gula darah karena berefek pada mikroorganisme usus. Artinya bahwa pemanis buatan bisa meningkatkan gula darah walaupun bukan gula.

2. Berolahraga dengan teratur

Tips menjaga kesehatan usus yang berikutnya adalah dengan rutin melakukan olahraga setiap hari. Tak hanya menjaga usus tetap sehat, olahraga juga dapat membuat jantung lebih sehat dan berat badan menjadi lebih ideal.

Saat kita melakukan olahraga, mikroorganisme yang bersifat baik akan semakin meningkat, sehingga kesehatan usus akan tetap terjaga dan terhindar beragam penyakit.

3. Makan makanan nabati

Tips menjaga kesehatan usus yang berikutnya adalah dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung nabati.

Menurut hasil dari sebuah penelitian, ditemukan fakta bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara mikrobioma usus orang vegetarian dan orang yang makan daging.

Bagi mereka yang suka mengonsumsi makanan yang banyak mengandung nabati cenderung memiliki usus yang lebih sehat dibandingkan merekan yang tidak. Hal ini disebabkan karena nabati mengandung banyak serat perbiotik yang baik untuk usus.

Tak hanya sampai disitu saja, hasil penelitian lain juga menunjukkan bahwa orang yang memiliki tingkat risiko peradangan usus lebih rendah karena jenis mikroba usus yang juga berubah, sehingga berat badan mereka pun juga menurun.

4. Mengonsumsi probiotik dan makanan fermentasi

Tips menjaga kesehatan usus yang berikutnya adalah dengan banyak mengosumsi makanan yang banyak mengandung probiotik dan juga makanan fermentasi.

Perlu kalian ketahui bahwa Probiotik bisa meningkatkan bakteri yang menguntungkan untuk usus. Mengonsumsi probiotik bisa mendukung mikrobioma usus yang sehat dan mencegah terjadinya peradangan masalah usus lainnya.

Nah, untuk makanan fermentasi sendiri lebih dikenal sebagai salah satu sumber probiotik alami yang bisanya akan dijumpai dibeberapa makanan, seperti acar, kefir, kimchi, sup miso, tempe, tahu, tape, dan oncom.

5. Hindari minum antibiotik berlebihan

Tips menjaga kesehatan usus yang berikutnya adalah dengan menghindari konsumsi minuman antibiotik yang berlebihan karena hal ini dapat berdampak buruk terhadap kesehatan usus.

Ketika kamu terlalu sering mengomsumsi minuman antibiotik, bateri baik yang ada di usus juga akan terkena imbasnya. Jika hal tersebut sudah terjadi, maka tubuh akan mengalami penurunan kekebalan, sehingga mudah terkena penyakit, khususnya masalah pencernaan.

Tips Menjaga Kesehatan Usus, Wajib Tahu! Tips Menjaga Kesehatan Usus, Wajib Tahu! Reviewed by AdmLebihSehat on Oktober 03, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.