Tips Menjaga Kesehatan Hati

Tips Menjaga Kesehatan Hati

Salah satu organ vital manusia yang memiliki banyak peran adalah hati.Oleh karena itu, menjaga kesehatan agar tetap sehat merupakan hal yang sangat penting. 

Beberapa peran hati bagi tubuh adalah untuk, mengatur asam animo dalam darah, menyeimbangkan kadar glukosa, mengelola pembekuan darah dan masih banyak lagi fungsi hati bagi tubuh. 

Namun demikian, banyak sekali yang tidak perduli dengan kesehatan hati, sehingga tidak melakukan cara dalam menjaga kesehatannya hatinya. 

Padahal hati yang berfungsi dengan baik dapat menyembuhkan sendiri jika hati sedang mengalami kerusakan.Jika hati anda sedang mengalami kerusakan, maka dapt menyebabkan gangguang fungsi pada seluruh bagian tubuh. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menjaga hati agar tetap sehat.

Tips Menjaga Kesehatan Hati

1. Rajin Memcuci Tangan

Setelah selesai melakukan aktivitas, sangat disarankan bagi andauntuk mencuci tangan dengan bersih.Terutama bagi anda yang memiliki aktivitas diluar kebiasaan memcuci tangan ini sangat dianjurkan. 

Karena rajin mencuci tangan merupakan cara yang sangat mudah dilakukan dalam menjaga kesahtan hati dari infeksi.

Bagi anda yang sering menganti pembalut atau keluar masuk ke dalam kamar mandi dan tidak mencuci tangan anda setelah melakukan kegiatan tersebut maka, anda dapat menyebarkan hepatitis A ketika anda makan dengan tangan yang sudah terkontaminasi.

Oleh sebab itu, cucilah tangan anda dengan menggunakan sabun dan air hangat.Agar menjauhkan diri anda dari kuman yang dapat menginfeksi hati.

2. Makan Makanan Sehat

Hal selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan hati adalah memakan makan yang sehat.Konsumsilah makanan yang berserat tinggi seperti, buah-buahan , sayuran, dan biji-bijian. 

Selain daripada itu, mengonsumsi makan yang mengandung protein juga dapat menjaga hati tetap sehat.Adapun makanan yang mengandung protein seperti, ikan, daging putih, kacang-kacangan dan polong-polongan.

Hindarilah mengonsumsi makan yang mengandung lemak baik itu lemak jenuh, lemak trans, dan lemak terhidrogenasi. Hati yang terlalu lama menyimpan kelebihan lemak makanan akan menimbulkan penyakit hati berlemak.

3. Mengontrol Berat Badan

Memiliki berat badan yang terlalu berlebihan dapat memicu kerusakan hati sehingga, dapat menimbulkan penyakit hati. 

Hal tersebut dapat terjadi karena, berat badan yang berlebihan akan memberikan tekanan pada hati sehingga memaksa hati untuk berkeja keras. 

Oleh karena itu, berat badan yang terkontrol dan sehat akan meningkatkan cara kerja hati sehingga, dapat menjaga kesehatan tubuh anda secara keseluruhan. 

4. Berolahraga Secara Teratur

Jika anda melakukan olahraga secara teratur, dapat memberi  manfaat membantu menjaga kesehatan hati karena BMI dapat terkontrol pada tingkat sehat. Hal tersebut, dapat menyebabkan anda terhindar dari resiko penyakit hati berlemak non alkohol.

5. Vaksinasi

Langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan hati adalah dengan melakukan vaksinasi hepatitis.Dengan melakukan vaksinasi, dapat membuat anda terhindar dari penyakit peradangan hati, dimana penyebab utamanya adalah infeksi virus.

6. Jangan Sembarangan Meminum Obat

Mengonsumsi obat yang berlebihan atau sembarangan dalam mengonsumsi obat dapat mengakibatkan munculnya kerusakan hati terutama jika anda tidak memperhatikan petunjuk pemakaiannya. 

Jika anda salah dalam mengonsumsi obat-obatan maka gejala yang akan anda rasakan adalah mudah lelah, mual, gatal, dan mata kekuningan. Jika anda terus melakukan kebiasaan buruk minum obat tanpa memperhatikan petunjuk, maka akan berakhir pada penyakit hati. 

7. Terlalu Banyak Mengonsumsi Alkohol 

Banyak diantara kita yang memiliki kebiasaan dalam mengonsumsi alkohol.Padahal kebiasaan tersebut memiliki banyak dampak negatif dalam kesehatan tubuh anda. 

Saat anda meminum alkohol maka hati akan berhenti melakukan perannya sehingga dapar mengeluarkannya dari darah.  Jumlah alkohol yang dianjurkan masuk kedalam tubuh adalah 2 gelas bagi pria dan 1 gelas bagi wanita.

Kebiasaan mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menimbulkan penyakit hati berlemak sebagai tanda awal dalam penyakit hati.Selain daripada itu, kebiasaan tersebut dapat menumbuhkan bakteri jahat di usus , kemudian akan jalan menuju hati dan menyebabkan kerusakan pada hati.

Begitulah beberapa penjelasan dari tips menjaga hati agar tetap sehat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika anda sudah mengalami pertanda-pertanda kerusakan hati , segeralah konsultasi ke dokter untuk melakukan penanganan yang tepat.

Tips Menjaga Kesehatan Hati Tips Menjaga Kesehatan Hati Reviewed by AdmLebihSehat on September 28, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.