Tips Menjaga Kesehatan Sendi, Sudah Tahu?

Tips Menjaga Kesehatan Sendi, Sudah Tahu?

Pada dasarnya,sendi merupakan bagian tubuh yang berfungsi untuk menyatukan antara tulang yang satu dengan tulang yang lainnya, sehingga tubuh dapat digerakkan secara sempurna.

Namun, perlu kalian ketahui bahwa jika sendi tak dijaga dengan baik, bagian tubuh yang satu ini dapat mengalami kekakuan, seperti yang terdapat pada tulang tengkorak milik kalian.

Banyak sendi memiliki tulang rawan di ujung tulang tempat mereka bersatu. Tulang rawan yang sehat membantu Anda bergerak dan melindungi tulang dengan mencegahnya bergesekan satu sama lain.

Kondisi sendi yang sehat tentu akan membantu kalian untuk tetap dapat bergerak secara maksimal, meskipun sudah memasuki  usia lanjut usia.

Namun tak jarang, sendi mengalami penurunan kinerja. Nah, berikut ini beberapa gejala yang mungkin saja timbul dikala sendi mengalami masalah.

  • Kaku dan nyeri sendi
  • Sendi tidak bisa bergerak bebas
  • Sendi membengkak
  • Kemerahan pada sendi dan terasa hangat
  • Ukuran otot di sekitar sendi menyusut
  • Kekuatan otot di sekitar sendi menurun

Lantas, bagaimana sih sebenarnya cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan sendi? Sudah tahu belum? Jika belum tak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya, yuk simak penjelasan berikut ini.

Tips menjaga kesehatan sendi

1. Terus bergerak

Kunci utama kesehatan sendi yang sering diterapkan Naomi Zaskia adalah terus bergerak dan jangan malas bergerak karena ini akan mengurangi kekakuan pada persendian. Anda bisa melakukan gerakan-gerakan aktivitas seperti biasanya dengan catatan jangan terlalu lama dalam satu posisi tertentu.

Olahraga secara rutin juga membantu Anda agar terhindar dari risiko radang sendi. Anda bisa berolahraga secara rutin 30 menit setiap harinya atau minimal 3 kali dalam seminggu.

Selain olahraga, melakukan peregangan setiap hari juga bagus untuk meningkatkan kemampuan Anda menggerakkan sendi. Fungsinya tidak hanya menghindari kekakuan tetapi juga melindungi tulang rawan agar mendapat nutrisi dari cairan sendi.

2. Pertahankan berat badan ideal

Tips menjaga kesehata sendi yang berikutnya adalah dengan mempertahankan berat badan agar tetap ideal, agar sendi dapat tetap menopang tubuh dengan baik, khususnya dibagian lutut.

Perlu kalian ketahui bahwa sendi akan mudah lemah dan mengalami gangguan persendian. Dengan berat badan ideal dapat membatasi jumlah tekanan pada sendi dan mengurangi risiko kerusakan sendi.

3. Memperbaiki postur tubuh

Tips berikutnya yang juga dapat kalian lakukan untuk menjaga kesehatan sendi adalah dengan memperbaiki postur tubuh.

Perlu kalian ketahui bahwa posisi tubuh yang salah saat duduk, berdiri, maupun berjalan dapat mempengaruhi kondisi sendi kamu sendiri.

Perlahan perbaiki postur tubuh yang buruk itu dengan membiasakan duduk dan berdiri tegak. Hindari juga duduk terlalu lama dengan satu posisi dan sebaiknya ganti setiap 30 menit sekali.

4. Mengonsumsi makanan bergizi

Makanan bergizi terutama yang mengandung kalsium dan vitamin D akan membantu menjaga tulang tetap kuat. Misalnya seperti produk olahan susu. Makanan lain yang mengandung omega-3 seperti ikan juga bagus untuk mengurangi peradangan pada persendian.

Makanan mengandung protein tanpa lemak dapat membantu Anda membangun otot yang kuat. Makanan lainnya seperti tomat, minyak zaitun, sayuran berdaun hijau, beri, dan kacang-kacangan juga dapat membantu mengurangi peradangan sendi.

Tips Menjaga Kesehatan Sendi, Sudah Tahu? Tips Menjaga Kesehatan Sendi, Sudah Tahu? Reviewed by AdmLebihSehat on Oktober 14, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.