Tips Menghindarkan Diri Dari Rasa Insecure

Tips Menghindarkan Diri Dari Rasa Insecure

Siapa sih yang tak pernah merasakan yang namanya insecure? Seperti yang kita ketahui, insecure merupakan sebuah kondisi dimana kita kerap kali merasakan tak nyaman dengan diri sendiri atau dengan kata lain merasa kurang percaya diri.

Tak jarang, perasaan kurang percaya diri ini sering muncul pada siapapun, baik anak usia remaja maupun dewasa.

Pada umumnya, munculnya rasa insecure atau kurang percaya diri dapat dipicu olleh dua faktor, yang pertama adalah diri sendiri dan yang kedua adalah orang lain.

Beberapa orang bisa mengatasi rasa insecure sebelum jauh lebih buruk, tapi ada juga orang-orang yang memiliki insecure dalam waktu lama sehingga berdampak buruk pada kehidupannya.

Lantas, bagaimana sih tips menghilangkan rasa kurang percaya diri tersebut? Nah berikut ini terdapa beberapa cara yang dapat kamu lakukan, yuk langsung simak saja penjelasannya.

Tips Menghindarkan Diri Dari Rasa Insecure

1. Berpikir positif   

Tips pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan senantiasa berfikiran positif. Ketika kalian melakukan sebuah kesaahan, jangan langsung menyalahkan diri sendiri.

Ketika kamu selalu berfikiran negatof terhadap diri sendiri, hal itu hanya akan membuat kamu semakin membenci dirimu sendiri.

Untuk itu, cobalah agar senantiasa  berpikir positif dan memaafkan dirimu sendiri atas kesalahan yang telah kamu lakukan, cerdas belajar lah dari pengalaman itu.

2. Menjauhi teman toxic

Tips berikutnya yang juga dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah insecure adalah dengan menjauhi teman yang sifatnya toxic.

Perlu kamu ketahui bahwa menjalin hubungan dengan orang toxic hanya akan membuat kamu semakin terjerumus kepada hal negatif yang memicu terjadinya rasa insecure.

Jika kamu merasa sedang membutuhkan yang namanya masukan dan juga dukungan, lebih baik kamu mencari orang-orang yang selalu mendukungmu dan bisa memberikan kata-kata yang positif.

3. Berbicara dengan orang yang menghargai kamu

Tips berikutnya yang juga dapat kamu lakukan untuk mengatasi rasa insecure dan juga tidak percaya diri adalah melalui berbicara dengan orang yang benar-benar menghargai kamu.

Sebagai contohnya, kamu dapat meminta siapapun itu yang mengerti keadaan kamu untuk menemanimu menceritakan tentang keluh kesah yang sedang kamu alami.

4. Kurangi menggunakan sosial media

Tips berikutnya yang juga dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah kurang rasa percaya diri adalah dengan mengurangi penggunaan dari sosial media.

Ketika kamu terlalu sering menggunakan sosial media, kamu akan fokus kepada kehidupan orang dan akan berujung dengan membandingkan diri mu dengan yang lainnya.

Untuk itu, cobalah agar mengurangi penggunaan sosial media agar kamu bisa fokus terhadap kehidupanmu dan tidak suka membanding-bandingkan diri dengan orang lain lagi. Jangan lupa untuk selalu mensyukuri apa yang sudah kamu miliki.

5. Lakukan hal yang kamu sukai

Lakukanlah apa saja yang kamu sukai yang bisa membuat kamu menjadi bahagia. Kamu bisa melakukan hobi yang kamu sukai dan cobalah untuk berolahrga, seperti yoga agar menjadi lebih tenang. Memakan makanan bernutrisi juga bisa mengembalikan mood-mu, dan kamu juga dapat memperbaiki penampilanmu untuk menambah kepercayaan diri.

Tips Menghindarkan Diri Dari Rasa Insecure Tips Menghindarkan Diri Dari Rasa Insecure Reviewed by AdmLebihSehat on Oktober 12, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.