Tips Menjaga Kesehatan Paru-paru

Tips Menjaga Kesehatan Paru-paru

Kamu pasti sudah tahu dong kalau paru-paru menjadi salah satu organ vital pada tubuh yang sangat berperan penting bagi kehidupan manusia.

Untuk itu, dianjurkan buat kamu untuk menjaga kesehatan paru-paru agar dapat bekerja secara optimal di dalam tubuh.

Berbicara mengenai kesehatan paru-paru, sebenarnya ada begitu banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru, salah satunya adalah menghentikan kebiasaan merokok dan menghindari polusi udara. Terganggunya paru-paru tentu meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti bronkitis, pneumonia, asma, dan tuberkulosis.

Seperti yang kita ketahui bahwa paru-paru menjadi salah satu organ dalam tubuh yang berhubungan secara langsung dengan sistem pernafasan manusia.

Adapun fungsi dari paru-paru adalah untuk menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Dengan begitu, terganggunya kerja paru-paru memengaruhi fungsi tubuh dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Lantas, bagaimana sih cara yang tepat untuk menjaga kesehatan paru-paru? Sudah tau belum? Jika belum tak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya, yuk langsung simak penjelasan berikut ini.

Tips Menjaga Kesehatan Paru-paru

Perlu kalian ketahui jika paru-paru sedang dalam kondisi yang tidak baik akan menimbulkan beberapa gejala, beberapa diantaranya adalah sesak napas, kesulitan bernapas, mengalami batuk yang tidak kunjung hilang, merasa tidak nyaman ketika batuk, dan batuk yang bercampur dengan darah atau lendir.

Kondisi ini dapat diatasi sesuai dengan penyebab gangguan yang terjadi pada paru-paru. Namun, tidak ada salahnya untuk mencegah kondisi ini dengan menjaga kesehatan paru-paru agar tetap maksimal dalam menjalankan fungsinya. Berikut ini cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mendapatkan paru-paru yang sehat, yaitu:

1. Rajin Berolahraga

Tips pertama untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan rajin berolahraga. Rajin melakukan aktivitas yang satu ini akan membantu menjaga kesehatan mental dan juga fisik.

Tak hanya sampai disitu saja lho. Rutin melakukan olahraga juga akan membuat jantung menjadi semakin sehat dan  akan mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung dan juga stroke, serta menjaga sistem pernafasan tetap sehat.

2. Hentikan Kebiasaan Merokok

Tips menjaga kesehatan paru-paru yang berikutnya adalah dengan memberhentikan kebiasaan untuk merokok.

Menurut sebuah studi dari Centers for Disease Control and Prevention, kebiasaan merokok menyebabkan berbagai gangguan kesehatan dalam tubuh, termasuk pada paru-paru.

Tak hanya itu  saja, kebiasaan buruk merokok juga dapat berujung dengan kerusakan pada kantung udara kecil serta merusak saluran udara yang ada di paru-paru hingga berujung kepada yang namanya kanker.

 Namun, perlu kalian ketahui bahwa perokok aktif lebih berisiko mengalami gangguan pada paru-paru dibandingkan perokok pasif. Jadi, mulai sekarang, tidak ada salahnya untuk hentikan kebiasaan merokok.

3. Konsumsi Makanan yang Mengandung Antioksidan

Tips berikutnya yang juga dapat kalian lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan.

Hal ini disebabkan karena kandungan antioksidan sangat berperan dalam menjaga sel-sel tubuh dari paparan radikal bebas yang berbahaya.

Kamu dapat mengonsumsi beberapa makanan, seperti dark chocolate, sayuran hijau, stroberi, dan kacang-kacangan untuk mendapatkan asupan antioksidan dalam tubuh.

4. Rajin Cuci Tangan

Tak hanya menjaga pola makan saja, tips berikutnya yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan rutin mencuci tangan hingga bersih.

Menurut hasil studi yang dilakukan oleh American Lung Association, rajin mencuci tangan menjadi cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru.

Gangguan paru-paru dapat disebabkan oleh berbagai penyakit lain, seperti flu. Tidak ada salahnya untuk tetap menjaga tangan tetap bersih agar terhindar dari gangguan penyakit yang dapat sebabkan komplikasi pada paru-paru.

5. Lakukan Pemeriksaan Kesehatan secara Rutin

Tips menjaga kesehatan paru-paru yang terakhir adalah rutin melakukan pemeriksaan paru-paru kedokter spesialis.

Kamu tak perlu takut untuk melakukan pengecekan paru-paru rutin tiap tahun, karena hal ini akan sangat membantu kamu dalam memantau kesehatan paru-paru.

Dengan begitu, gangguan yang ada pada tubuh dapat segera diatasi sejak dini. Kondisi ini dapat menghindari kamu dari komplikasi yang mungkin terjadi. 

Tips Menjaga Kesehatan Paru-paru Tips Menjaga Kesehatan Paru-paru Reviewed by AdmLebihSehat on Oktober 06, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.