Tips Meningkatkan Mood Menjadi Lebih Baik

Tips Meningkatkan Mood Menjadi Lebih Baik

Kita semua pasti paham bahwa tak selamanya mood atau suasana hati kita dalam kondisi yang baik. Bahkan, tak sedikit diantara kita yang membuat seseorang menjadi cenderung malas beraktivitas, malas kerja, dan malah jadi bisa merugikan diri sendiri dikala sedang bad mood.

Lantas, bagaimana sih tips sederhana yang dapat kamu lakukan untuk menaikkan mood menjadi baik kembali?

Seperti yang kita ketahui, cara memperbaik mood seseorang itu berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Namun, berikut ini beberapa tips yang dapat kamu coba untuk memperbaiki mood agar menjadi sedikit lebih baik. Penasaran apa saja? yuk langsung simak penjelasan berikut ini.

Tips Meningkatkan Mood Menjadi Lebih Baik

Tips Meningkatkan Mood Menjadi Lebih Baik

1. Tidur siang

Tips pertama yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan mood agar menjadi lebih baik adalah dengan tidur siang.

Berdasarkan hasil sebuah penelitian yang dilakukan oeh Journal of Sleep Research menemukan bahwa orang yang kurang tidur jadi lebih sering nggak mood dibanding orang yang jam tidurnya cukup.

Tak hanya itu saja, The National Sleep Foundation (NSF) mengatakan bahwa tidur siang singkat dapat membantu meningkatkan mood atau suasana hati, kewaspadaan, dan semangat kerja pada orang dewasa.

Namun perlu kalian ketahui bahwa jika kalian ingin meningkatkan mood, kamu hanya perlu tidur selama 20 hingga 30 menit di siang hari. Waktu tersebut cukup untuk mengusir kantuk dan memunculkan kembali mood yang ceria.

2. Mendengarkan musik

Tips berikutnya yang juga dapat kamu coba untuk meningkatkan kadar mood menjadi lebih baik adalah dengan mendengarkan musik yang kamu sukai.

Menurut sebuah penelitian yang diambil dari British Journal of Psychiatry dijelaskan bahwa suasana hati yang jelek bisa diatasi dengan mendengarkan lagu.

Tak hanya itu saja, peneliti menemukan orang yang depresi dan melakukan pengobatan dengan terapi musik, berhasil sembuh lebih cepat daripada orang yang melakukan terapi biasa.

Untuk itu, mendengarkan musik yang kamu sukai dikala sedang dalam mood yang buruk dapat kamu coba nih untuk membantu menjadi lebih baik.

3. Temui dan peluk orang tersayang

Cara berikutnya yang dapat kamu coba untum membantu membuat mood menjadi lebih baik adalah dengan menemui orang yang kamu sayangi, baik itu pacar, adik, kakak, sahabat atau bahkan orangtua sekalipun.

Tak hanya itu saja, lho. Berpelukan juga dipercaya dapat membantu meningkatkan mood menjadi lebaik lagi. Hal ini sejalan dengan sebuah penelitian yang di kutip dari Healthline menyatakan bahwa pria yang berpelukan, mood-nya lebih sering bahagia dibanding dengan pria yang jarang memeluk seseorang.

Hasil penelitian yang melibatkan 60.000 orang ini juga mengatakan, bahwa memeluk dan menemui orang tersayang bisa bikin diri sendiri merasa dicintai dan lebih yakin bahwa semua hal akan baik-baik saja.

Berpelukan dengan orang yang disayang juga dapat membuat pernafasan menjadi lebih rileks serta dapat menurunkan tekanan darah. Tak lupa, hormon oksitosin (hormon bahagia) juga ikut muncul ketika Anda menemui orang yang Anda sayang.

4. Makan makanan enak

Tak hanya berpelukan dengan orang yang disayang saja, ternyata mengonsumsi makanan yang enak juga dapat membantu meningkatkan mood menjadi lebih baik.

Kamu dapat mengonsumsi beragam makanan yang kamu sukai nih, mulai dari cokelat, sayur, dan buah. Kenapa cokelat? Sebab kandungan dalam cokelat mampu membuat tubuh mengeluarkan hormon endorfin dan serotonin. Kedua hormon ini akan mengurangi kecemasan dan stres, serta membantu suasana hati agar jauh lebih baik.

5. Ngobrol dengan teman atau keluarga

Tips berikutnya yang juga dapat kamu lakukan untuk membantu meningkatkan mood menjadi lebih baik adalah dengan melakukan percakapan dengan teman dan juga keluarga.

Dikala bad mood melanda, kita memang cenderung menjadi malas untuk beraktivitas, bahkan untuk melakukan sosialisasi juga malas.

Nah, dengan menceritakan keluh kesah kita bersama dengan orang yang kita percaya ternyata dapat membantu kita menaikkan mood menjadi lebih baik lagi.

Untuk itu, pastikan kamu tidak sungkan untuk menelepon, chat, atau bahkan video call dengan sahabat atau keluarga ketika Anda sedang dilanda bad mood.

Tips Meningkatkan Mood Menjadi Lebih Baik Tips Meningkatkan Mood Menjadi Lebih Baik Reviewed by AdmLebihSehat on Oktober 08, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.