Tips Menjaga Kesehatan Telinga

Tips Menjaga Kesehatan Telinga

Telinga merupakan salah satu anggota tubuh yang memiliki fungsi untuk mendengarkan.Menjaga kesehatan telinga juga tidak kalah penting untuk kita lakukan. 

Dengan telinga yang sehat maka, anda akan terhidar dari gangguan kehilangan kemampuan mendengar. Adapun dampak yang bisa anda rasakan jika tidak menjaga kesehatan telinga seperti infeksi pada telinga, telinga berdenging, gangguan pendengaran , bahkan tuli mendadak.

Tidak sedikit diantara kita yang belum tau menjaga kesehatan telinga dengan benar.Padahal, hal tersebut sangat mudah untuk kita lakukan dalam kehidupan kita sehari-hari. 

Jika telinga anda bermasalah dapat juga mengggangu keseimbangan tubuh. Oleh sebab itu, marilah kita menjaga kesehatan telinga kita agar organ pendengaran dan keseimbangan tetap berfungsi dengan baik.

Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Tips Menjaga Kesehatan Telinga

Menjaga kesehatan telinga merupakan hal yang mudah untuk anda lakukan. Namun tak jarang orang tidak tau cara melakukannya. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan dalam menjaga kesehatan telinga:

1. Hentikan Kebiasaan Mengorek Telinga

Kotoran telinga berjumlah sedikit  yang terdapat diliang telinga merupakan hal yang wajar dan normal. Sebab kotoran ini dapat berfungsi untuk melindungi telinga kita dari kotoran dan debu. Namun jika kita membiarkan kotoran tersebut menumpuk di liang telinga akan memicu telinga terasa gatal dan tersumbat. Maka banyak orang yang membersihkan kotoran tersebut dengan menggunakan cotton bud, peniti, atau gulungan-gulungan kertas.

Tanpa anda sadari kebiasaan tersebut dapat melukai telinga anda dan kotoran masuk lebih dalam lagi jika tidak hati-hati dalam melakukannya.Untuk lebih amannya pergilah konsultasi ke dokter THT untuk membesihkan telinga anda.

2. Jauhkan Telinga Dari Suara Yang Terlalu Keras

Kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang adalah mendengarkan musik dengan menggunakan earphone. Mendengarkan musik akan lebih seru dengan volume yang kuat. Padahal, tanpa anda sadari hal tersebut dapat melukai telinga anda. Jika anda ingin telinga anda tetap sehat gunakanlah earphone anda sesuai dengan aturan di bawah ini :

  • Jangan terlalu lama menggunakan earphone, gunakanlah dengan waktu yang secukupnya.
  • Berilah jeda waktu kepada telinga anda minimal 5 menit sebelum melanjutkan musik yang anda ingin dengar.
  • Hindarilah mendengarkan musik dengan volume yang terlalu keras dalam waktu jangka panjang.

Jika anda bekerja dilingkungan yang bising atau memiliki suara yang keras, gunakanlah penutup telinga agar telinga anda terhindar dari gangguan pendengaran.

3. Hindari Penggunaan Ear Candle

Ear candle adalah salah satu metode yang canggih dalam membersihkan telinga.Namun, penggunaan ear candle ini memiliki dampak negatif terhadap kesehatan kuping karena cedera pada telinga seperti terbakar dan tersumbatnya saluran telinga.Oleh karena itu, hindarilah penggunaan ear candle karena tidak memiliki manfaat yang jelas pada telinga anda.

4. Jaga Telinga Agar Tetap Kering 

Kondisi telinga yang lembab dan basah dapat memicu tumbuhnya jamur dan bakteri pada telinga. Telinga yang memiliki jamur dan bakteri akan mengalami iritasi dan infeksi pada telinga. Jika anda selesai mandi jangan lupa mengeringkan telinga anda dengan bahan yang lembut.

Pada perenang atau orang yang suka berenang sangat dianjurkan memakai penyumbat telinga untuk mencegah masuknya air ke dalam telinga.Jika air sudah terlanjur masuk ke telinga anda, segera miringkan kepala anda ke samping agar air keluar dari telinga.

5. Lakukan Pemeriksaan Telinga Secara Rutin

Salah satu langkah dalam menjaga kesehatan telinga adalah dengan rutin memeriksa telinga ke dokter THT. Dokter akan mengevaluasi kondisi telinga dan pendengaran anda dengan melakukan pemeriksaan fisik dan tes pendengaran. Lakukanlah pemeriksaan ini  minimal 3 bulan sekali. Namun, jika anda mengalami keluhan di telinga seperti, pendengaran mendadak terganggu, jangan menunda pemeriksaan segeralah berkonsultasi ke dokter THT ,agar segera diberikan penanganan yang tepat.

Tips Menjaga Kesehatan Telinga  Tips Menjaga Kesehatan Telinga Reviewed by AdmLebihSehat on September 15, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.