Tips Menjaga Kesehatan Mata

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Mata memiliki manfaat yang sangat penting bagi manusia. Dalam melakukan aktivitas sehari-hari mata sangat memiliki peran penting sebagai indra penglihatan. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan mata sangat penting bagi kita. Meski fungsi mata bisa menurun seiring bertambahnya usia. Namun kita dapat mencegah dari berbagai penyakit mata dengan menjaga kesehatan mata.

Salah satu penyakit mata yang dapat ditimbulkan jika kita tidak menjaga kesehatan mata adalah katarak, konjungtivitis, mata kering, glaucoma, dan gangguan retina. 

Hal tersebut, dapat menganggu aktivitas yang ingin anda lakukan. Banyak diantara kita yang belum tau mengenai pentingnya menjaga kesehatan mata dan apa yang harus dilakukan dalam menjaga kesehatan mata. 

Pada umumnya, hal utama yang perlu anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamain A yakni, wortel, cempokak, dan masih banyak lagi. Dalam artikel ini akan kita bahas apa-apa saja langkah dalam menjaga kesehatan mata.

Cara Menjaga Kesehatan Kesehatan Mata

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Memiliki mata yang sehat merupakan impian dari semua orang. Namun demikian, masih banyak diantara kita yang tidak tau apa yang dilakukan dalam menjaga kesehatan mata. Berikut ini adalah langkah-langkah menjaga kesehatan mata:

1. Periksa Mata Secara Rutin

Pada umumnya, setiap orang dianjurkan mulai dari anak-anak sampai lansia untuk memeriksa mata secara rutin setidaknya 2 tahun sekali. Pada usia 40 tahun sangat dianjurkan untuk memeriksa mata setahun sekali. Pemeriksaan mata secara rutin memiliki manfaat untuk mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan pertambahan usia, seperti degenerasi macula, glaucoma, dan katarak. 

Saat melakukan pemeriksaan mata, dokter akan memeriksa perkembangan kesehatan mata anda. Jika anda, memiliki riwayat penyakit mata yang dihasilkan dari gen, segeralah melakukan penanganan pertama dengan melakukan pemeriksaan mata secara rutin ke dokter.

2. Konsumsi Makanan Bergizi

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi. Makanan bergizi sangat penting bagi tubuh, selain memiliki manfaat untuk kebugaran tubuh makan bergizi juga dapat menjaga kesehatan mata. Makanan bergizi yang disarankan adalah makanan yang bernutrisi dan kaya akan kandungan vitamin A, mitavin C, vitamin E, lutein, selenium, dan asam lemak omega -3.

Makanan bergizi tersebut dapat mencegah masalah mata misalnya, katarak dan degenerasi macula. Anda dapat memperoleh makanan tersebut dengan mengosumsi sayuran hijau, samon, tuna, telur, kacang-kacangan, dan jeruk.

3. Hindari Penggunaan Gawai Terlalu Lama

Bagi anda yang berkerja dihadapan computer atau smartphone sangat mudah untuk terkena penyakit mata. Karena dengan menatap layar computer terlalu lama akan menyebabkan mata anda terlalu lelah. Gejala yang biasa dirasakan ketika mata anda lelah yakni, sakit kepala, nyeri leher, sakit pada pahu dan punggung, mata kering dan pandangan menjadi kabur. 

Oleh sebab itu, hindarilah dalam menggunakan computer terlalu lama. Istirahatkanlah mata anda dengan mengalihkan pandangan selama 20 detik selama 20 menit sekali. Kemudian, anda juga melakukan kegiatan tersebut selama 15 menit setiap 2 jam sekali. Jika anda memiliki mata kering segeralah memberikan obat mata atau pergi kedokter untuk konsultasi.   

4. Hindari Paparan Sinar Ultraviolet

Sinar ultraviolet sangat berbahaya jka terlalu berlebihan, bukan hanya dapat merusak kulit nanum sinar ultraviolet ini dapat merusak mata anda. Mata yang terlalu sering terpapar sinar ultraviolet lebih beresiko terkena penyakit katarak, degenerasi macula, kornea terbakar, dan kanker mata. Oleh karena itu, jika anda memiliki aktivitas diluar gunakanlah pelingdung mata seperti kaca mata dan topi yang lebar.

5. Hentikan Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok merupakan hal yang berbahaya bagi tubuh anda. Selain dapat merusak jantung dan paru-paru ternyata, merokok dapat merusak fungsi mata anda. Merokok dapat membuat mata anda terkena penyakit katarak, degenerasi macula, dan kerusakan saraf optik yang dapat menyebabkan kebutaan serta merusak retina mata. Oleh sebab itu, hindarilah kebiasaan merokok agar mata anda tetap sehat.

6. Hati-Hati Saat Menggunakan Make Up

Make up merupakan salah satu hal penting bagi seorang wanita. Karena, make up merupakan alat yang digunakan untuk menghias wajah. Namun, tanpa kita sadari penggunakan make up yang tidak hati-hati dapat merusak mata anda. Buanglah alat make up yang terlalu lama anda gunakan. Selain itu, pastikan untuk mencuci wajah setelah menggunakan make up. Jika terlanjur terkena iritasi pergilah ke dokter untuk memeriksanya.

7. Olahraga Secara Rutin

Olahraga sangat memiliki banyak manfaat untuk tubuh anda, salah satunya menjaga kesehatan mata anda. Dengan berolahraga secara rutin dapat mengurangi resiko terkena penyakit kehilangan penglihatan yang diakibatkan darah tinggi, diabetes, dan kadar kolesterol yang tinggi. Oleh karena itu, lakukanlah olahraga secara rutin agar mata anda tetap sehat.       

Tips Menjaga Kesehatan Mata  Tips Menjaga Kesehatan Mata Reviewed by AdmLebihSehat on September 15, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.