Tips Menjaga Kesehatan Hidung

Tips Menjaga Kesehatan Hidung

Hidung merupakan salah satu anggota tubuh yang memiliki peran penting bagi tubuh seperti.Sebagai alat pernapasan dan penciuman.Namun, tak banyak dari kita yang tidak menyadari betapa pentingnya dalam menjaga kesehatan hidung.Menjaga kesehatan hidung pada umumnya merupakan hal yang mudah untuk kita lakukan.

Cara kerja hidung pada tubuh kita yaitu udara akan masuk ke hidung melalui sel saraf khusus yang berfungsi untuk mendeteksi adanya bau. Sel saraf tersebut sering disebut olfaktori yang memiliki peran sebagai mengubah bau yang diterima sebagai informasi, kemudian melanjutkan ke otak untuk diterjemahkan.

Pada umumnya, fungsi umum hidung adalah untuk mendeteksi jenis bau, dan menyaring oksigen yang nantinya akan dialirkan ke seluruh bagian tubuh. Selain daripada itu, bulu yang terdapat dihidung juga memiliki peran membantu membersihkan udara dari zat asing.

Cara Menjaga Kesehatan Hidung

Tips Menjaga Kesehatan Hidung

Hidung yang sehat akan bekerja maksimal dalam menghirup udara dan menyaring udara yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, sangat penting bagi anda menjaga hidung agar tetap sehat.Agar anda dapat bernapas secara nyaman , dapat mengenali bau yang masuk ke dalam hidung dengan baik , anda harus melakukan hal-hal berikut agar hidung anda tetap sehat. Berikut adalah penjelasannya:

1. Menghindari Polutan Dan Zat Asing Yang Berbahaya Bagi Kesehatan Hidung

Sering beraktivitas di luar ruangan sangat memicu hidung untuk tidak sehat. Debu, polusi, dan asap rokok yang anda dapatkan diluar ruangan merupakan salah satu hal berat yang membuat kesehatan hidung terganggu. Hal tersebut dikarenakan, semua zat polutan dapat mengurangi cara kerja hidung untuk menghangatkan, menyaring, dan membuat udara yang masuk ke hidung menjadi lembab. Jika hal ini terjadi terus menerus akan mengakibatkan timbulnya penyakit sinus. 

Maka dari itu, jika anda perokok yang aktif , hentikanlah kebiasaan tersebut agar hidung anda terbebas dari asap rokok. Gunakanlah masker jika anda sedang bekerja di luar ruangan , agar hidung anda tetap bersih dan terhindar dari polutan.

2. Perbanyak Asupan Mineral

Banyak mengosumsi air meneral memang sangat dianjurkan bagi anda untuk mencegah penyakit dan menjaga tubuh agar tetap sehat.Namun ternyata, mengonsumsi asupan mineral dapat menjaga kesehatan hidung.Hal tersebut terjadi karena, lendir yang ada didalam hidung atau sering disebut ingus dapat membantu menjaga kotoran dari udara masuk ke dalam hidung. Maka dari itu, supaya hidung tetp menghasilkan lendir yang normal disarankan untuk mengonsumsi air mineral yang cukup .

3. Kurangi Mengupil

Mengupil merupakan kebiasaan yang sering kita lakukan untuk membuang kotoran dalam hidung.Namun, tanpa kita sadari kebiasaan tersebut dapat membuat hidung anda menjadi tidak sehat karena, dapat menimbulkan iritasi pada hidung. Pada umumnya, didalam hidung mempunyai pembuluh darah berukuran kecil dan rapuh sehingga, kuku yang anda gunakan membersihkan kotoran hidung dapat melukai pembuluh darah tersebut  dan akan menyebabkan mimisan. 

4. Pastikan Kelembapannya

Pastikan keadaan hidung anda tetap lembap, karena hidung yang kering akan memicu mimisan. Mandilah dengan menggunakan air hangat ,agar sinus tidak menjadi kering. Gunakan humidifier di dalam kamar atau kantor anda agar menjaga hidung anda tetap lembap.

5. Bersihkan Hidung Secara Rutin

Salah satu langkah yang wajib anda lakukan dalam menjaga kesehatan hidung adalah dengan rutin membersihkan hidung anda.Bersihkanlah hidung anda dengan menggunakan pembersih atau nasal spray yang mengandung pembersih yang cocok untuk hidung. 

Konsultasilah dengan dokter untuk menentukan pembersih hidung yang cocok untuk anda .Untuk menghindari alergi dan hidung yang tersumbat.Lakukanlah membersihkan hidung setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, hindarilah membersihkan hidung dengan cara mengupil karena hal tersebut dapat membuat hidung menjadi iritasi.

Tips Menjaga Kesehatan Hidung Tips Menjaga Kesehatan Hidung Reviewed by AdmLebihSehat on September 17, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.