Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan salah satu anggota tubuh yang memiliki peran penting bagi tubuh.Oleh karena itu, sangat disarankan bagi anda untuk selalu menjaga kesehatan jantung. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit  yang tidak menular, namun merupakan salah satu penyakit yang mematikan bagi si penderita.

Setiap orang memiliki resiko untuk terkena oleh penyakit jantung tanpa dilihat dari segi usia. Penyakit ini dapat muncul secara tiba-tiba sehingga, dapat merenggut  nyawa penderitanya. Maka dari itu, marilah kita menjaga agar jantung kita sehat.

Jantung merupakan sistem peredaran darah dan memiliki fungsi untuk memompa darah keseluruh tubuh.Jika, jantung, otot jantung, dan pembuluh darah mengalami gangguan, maka sirkulasi darah ke tubuh juga dapat terganggu. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan agar jantung anda tetap sehat dan dapat berfungsi dengan baik. 

Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Tips Menjaga Kesehatan Jantung

1. Jaga Kesehatan Mulut 

Pada umumnya, kesehatan anggota tubuh saling berkaitan dengan kesehatan anggota tubuh lainnya.Contohnya, kesehatan mulut mempengaruhi kesehatan jantung anda.Salah satu penyebab jantung menjadi tidak sehat adalah adanya gejala penyakit gusi, mulut, dan gigi yang tidak terawat sehingga, timbul penyakit parah. 

Bakteri yang terdapat didalam mulut jika dibiarkan akan berpindah ke aliran darah dan dapat meningkatkan protein C menjadi reaktif.Dimana, protein tersebut dapat menyebabkan peradangan pada pembuluh darah sekitar jantung.

Oleh sebab itu, bersihkanlah mulut anda dengan menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari.Lakukanlah pagi sebelum sarapan kemudian, malam hari sebelum anda tidur.

2. Batasi Konsumsi Makanan Asin

Makanan yang terlalu asin dapat menyebabkan naiknya tekanan darah tinggi. Jika, tekanan darh tinggi anda naik maka, kesehatan jantung anda juga akan terganggu. Kondisi tersebut terjadi karena, saat tekanan darah anda tinggi maka kerja jantung dalam memompa darah akan semakin berat.

Bagi anda yang berusia 19-49 tahun asupan garam perhari masuk ke dalam tubuh adalah maksimal 1500 mg. oleh sebab itu, kurangilah mengkonsumsi garam dimulai dari memberi garam saat memasak, menghindari makanan yang mengandung garam yang berlebih seperti daging sapi asap, snack dan junk food. 

3. Cukup Tidur

Menjaga kualitas tidur yang stabil memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh terutama menjaga kesehatan jantung anda.Hindarilah kebiasaan bergadang dan bangun terlalu siang dipagi hari.

Hal itu dapat mengakibatkan tekanan darah menjadi naik dan peradangan, sehingga meningkatkan resiko penyakit jantung.Oleh karena itu.Tidurlah lebih awal kemudian, pastikan anda tidur 7-8 jam per hari.

4.Berhenti Merokok Dan Menghirup Asap Rokok

Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang dapat merusak anggota tubuh salah satunya jantung.Rokok dapat menyebabkan penyakit jantung karena, didalam rokok terkandung bahan kimia yang dapat membentuk plak pada pembuluh alteri jantung.

Seiring berjalannya waktu, plak ini dapat menumpuk sehingga menymbat aliran darah dan memicu penyakit jantung.

Oleh karena itu, jika anada pencandu rokok sebaiknya anda berhenti merokok. Selain itu, anda harus menghindari asap rokok untuk menjaga jantung tetap sehat.

5. Memperbanyak Makanan Sayur Dan Buah

Mengosumsi sayur dan buah secara rutin dapat membuat tubuh anda menjadi sehat. Karena, sayur dan buah mengandung senyawa antioksidan yang bisa mencegah peradangan , kaya akan serat dan rendah kalori. Salah satu tips untuk menjaga kesehatan jantung anda adalah mengosumsi buah dan sayur secara rutin dan membuatnya menjadi cemilan anda.

6. Batasi Makanan Yang Berlemak

Terlalu banyak mengosumsi makanan berlemak juga dapat memicu kesehatan jantung anda terganggu.Makan berlemak yang tidak baik bagi jantung adalah makanan yang yang mengandung lemak jenuh. Lemak jenuh dapat menyebabkan kadar kolestrol dalam tubuh anda menjadi tinggi, sehingga membentuk plak pada pembuluh darah sehingga, buruk untuk kesehatan jantung. 

7. Olahraga Rutin

Melakukan olahraga rutin memang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh.Salah satunya menjaga kesehatan jantung. Sebab, aktivitas fisik ini dapat membantu mengendalikan berat badan, menurunkan tekanan darah, dan dapat mengatur kadar kolestrol secara seimbang. Adapun olahraga yang bisa anda lakukan untuk kesehatan jantung anda adalah lari, bersepeda, jongging dan senam jantung.Lakukanlah kegiatan tersebut secara rutin, minimal 30 menit dalam sehari.
Tips Menjaga Kesehatan Jantung Tips Menjaga Kesehatan Jantung Reviewed by AdmLebihSehat on September 24, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.