Tips Menjaga Kesehatan Mulut

Tips Menjaga Kesehatan Mulut

Menjaga kesehatan mulut agar tetap sehat merupakan hal yang penting untuk anda lakukan.Hal yang bisa anda lakukan dalam menjaga kesehatan mulut adalah dengan rajin menggosok gigi minal 2 kali dalam satu hari. Selain daripada itu, menerapkan pola hidup sehat dari makanan maupun minuman juga merupakan salah satu cara dalam menjaga kesehatan mulu.

Banyak sekali manfaat yang dapat anda rasakan ketika memiliki mulut yang sehat.  Mulu yang sehat akan terhindar dari penyakit salah satunya yakni, penyakit bau mulut. Penyakit tersebut dapat membuat anda menjadi tidak percaya diri dalam berbicara dengan orang lain. Namun demikian, banyak diantara kita yang tidak mengetahui hal apa yang harus dilakukan agar terhindar dari penyakit mulut. Dalam artikel ini akan dibahas apa saja yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan mulut anda.

Tips Menjaga Kesehatan Mulut

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mulut adalah dengan menjaga agar gigi tetap sehat. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan mulut:

1. Pilihan Sikat Gigi Yang Tepat

Pemilihan sikat gigi yang tepat memiliki pengaruh besar dalam menjaga kesehatan mulut.Pilihlah sikat gigi yang memiliki bula yang halus atau lembut agar nyaman digunakan dan terhindar dari mulut yang terluka disaat melakukan gosok gigi, selain daripada itu, pilihlah sikat gigi yang memiliki bulu berujung kecil agar memudahkan membersihkan sisa makanan dengan baik.Gantilah sikat gigi anda selama 3 bulan sekali.

Dalam meyikat gigi yang baik perhatikanlah cara melakukannya seperti, menggosok gigi dengan gerakan memutar dan tidak terlalu menekan gigi. 

2. Lakukan Flossing

Flossing merupakan salah satu kegiatan membersihkan gigi dengan menggunakan benang .kegiatan ini dilakukan dalam setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kegiatan ini memiliki manfaat untuk membersihkan kotoran gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.

Adapun cara melakukan kegiatan ini adalah memilitkan satu ujung benang dijari telunjuk tangan kanan dan satu benang lainnya dijari telunjuk tangan kiri. Setelah itu, jepit kedua ujung benangdengan jari telunjuk dan ibu jari.Biarkanlah benang tetap tegang dan bersihkan sela gigi satu persatu.

3. Kurangi Mengosumsi Minuman Dan Makanan Manis

Kegiatan selanjutnya untuk menjaga kesehatan mulut yang bisa anda lakukan adalah dengan membatasi mengosumsi makanan dan minuman yang terlalu manis, seperti minuman berenergi, bersoda, biskuit, roti, dan kue. Kondisi tersebut terjadi karena makanan dan minuman yang terlalu manis dapat membuat gigi anda menjadi berlubang. 

4. Hentikan Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok merupakan kebiasaan yang dapat memicu penyakit timbul didalam tubuh anda.Karena, kandungan nikotin dan tar didalam rokok dapat menyebabkan perubahan warna gigi.Selain daripada itu, rokok dapat membuat gigi menjadi rapuh dan mudah patahserta meningkat resiko terkena kanker mulut.

5. Periksakan Diri Ke Dokter Gifi Secara Teratur

Langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan dalam menjaga kesehatan mulut anda adalah dengan rajin mengunjungi dokter gigi.Anda disarankan memeriksa kesehatan gigi dan mulut setiap enam bulan sekali.

Hal ini dapat mendeteksi lebih awal jika ada masalah pada gigi, gusi, maupun rongga mulut. Menjaga kesehatan mulut di atas sangat penting untuk anda lakukan. Agar, gigi anda tetap sehat .jika terjadi keluhan pada gigi anda segeralah lakukan pemeriksan kepada dokter gigi.

Tips Menjaga Kesehatan Mulut Tips Menjaga Kesehatan Mulut Reviewed by AdmLebihSehat on September 26, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.