Tips Menjaga Kebugaran Tubuh, Apa Aja?

Tips Menjaga Kebugaran Tubuh, Apa Aja?

Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang bugar dan sehat. Kebanyakan orang sudah menerapkan pola hidup sehat, namun tidak sedikit pula yang masih acyh tak acuh dengan pentingnya menerapkan pola hidup sehat.

Salah satu point penting dalam menjaga kebugaran tubuh adalah dengan menjaga makanan yang sehat.Makanan adalah sumber gizi yang paling utama penting untuk menjaga organ-organ tubuh tetap bekerja secara baik.Dengan mengkonsumsi gizi yang cukup, maka tubuh akan tetap sehat dan bugar.

Tips Menjaga Kebugaran Tubuh

Tips Menjaga Kebugaran Tubuh, Apa Aja?

1. pilihlah jenis makanan dan porsi sehat untuk disantap

Makanan yang sehat adalah makan sehat 4 sehat 5 sempurna .dimana kita harus lebih banyak mengkonsumsi sayuran daripada makanan yang mengandung lemak.

Di zaman yang modern sekarang banyak sekali kita temukan makan siap saji yang memiliki rasa yang cukup enak .namun kadang kita tidak sadarmakanan siap saji sangatlah tidak baik untuk kita konsumsi.

Makan adalah salah satu kebutuhan manusia.Namun ketika kita makan bukan berakti asal kita kenyang.kita harus memperhatikan gizi yang kita makan. Kita juga harus memperhatikan keseimbangan asupan karbohidrat, protein,vitamin, dan mineral.

2. Memperbanyak Konsumsi sayur dan buah

Kebanyakan orang masih banyak yang tidak mengetahui manfaat dari sayur dan buah bagi tubuh.Sehingga sebagian orang sangat malas mengkonsumsinya.

Padahal dalam menu harian kita pastikan kita memakan sayur dan buah-buahan.sayur dan buah memilki kandungan gizi, mineral, dan serat tinggi yang sangat bermanfaat bagi tubuh yakni menjaga kesehatan pencernaan agar tetap stabil dan meningkatkan daya tahan tubuh agar tetap bugar.

3. Jadwalkan aktivitas fisik atau olahraga teratur

Tubuh yang bugar pastinya memerlukan aktivitas yang cukup baik. Olahraga yang teratur sangat memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh selain untuk menjaga kebugaran tubuh ,olahraga juga bermanfaat untuk menjauhkan tubuh kita dari penyakit.

Memakan makanan yang mengandung kalori yang berlebihan membutuhkan olahraga yang dapat membakar kalori.Namun walaupun demikian tidak disarankan bagi kita setelah makan kita langsung berolahraga. Berilah jarak antara dua jam atau lebih dari waktu makan kita .agar makanan yang sudah kita makan dicerna terlebih dahulu.

4. Perhatikan Jumlah Kalori yang dimakan

Didalam sajian makanan kita harus mempertimbangkan kalori yang masuk dalam tubuh selain itu kita juga harus mempertimbangkan kandungan gula, garam, dan lemak.

Kementria Kesehatan Republik Indonesia menyarankan aturan-aturan mengkonsumsi gula, garam, dan lemak disetiap harinya.

Aturan-aturan tersebut yakni :

-          Gula tidak lebih dari 50 gram atau setara dengan 4 sendok makan.

-          Garam tidak melebihi 2000 miligram atau setara dengan  1 sendok teh.

-          Lemak hanya 67 gram atau setara dengan 5 sendok makan.

Mulai sekarang marilahkita menerapkan aturan-aturan yang sudah dibuat agar tubuh kita tetap sehat dan bugar .

5. Hindari perut kosong sebelum beraktivitas

Kebanyakan dari kita memiliki kebiasaan membiarkan perut kosong sebelum beraktivitas.Padahal kebiasaan tersebut sangat membahayakan tubuh kita.tubuh kita akan rentan terserang penyakit.

Disaat pagi hari sangat memerlukan asupan gizi dari makanan sebagai energi untuk melakukan aktivitas.

Perut akan terasa mual ,kembung dan penyakit asam lambung menghampiri tubuh kita. Marilah membuang kebiasaan tidak sarapan pagi sebelum aktivitas ,buanglah alasan-alasan yang memicu kebiasaan itu kita lakukan.

Berdasarkan penjelasan tips-tips menjaga kebugaran tubuh di atas, marilah berupaya untuk mempraktikkan dan menerapkan pola makan sehat gizi seimbang.Dengan melakukan tips di atas tubuh kita akan sehat dan generasi lebih berkualitas.

Tips Menjaga Kebugaran Tubuh, Apa Aja? Tips Menjaga Kebugaran Tubuh, Apa Aja? Reviewed by AdmLebihSehat on September 03, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.