Tips Meningkatkan Imun Tubuh Agar tidak Mudah Sakit

Tips Meningkatkan Imun Tubuh Agar tidak Mudah Sakit

Memiliki imun tubuh yang kuat adalah dambaan semua masyarakat di Indonesia.Konsi iklim yang berubah-ubah membuat tubuh sering terkena penyakit jika tubuh memilki imun yang lemah.

Dengan imun yang lemah juga membuat tubuhmkita gampang tertular oleh penyakit. Oleh karena tidak jarang bagi kita untuk mencari cara untuk meningkatkan imun tubuh kita.

Banyak diantara kita yang masih belum mengerti akan pentingnya imun di dalam tubuh kita.imun atau sering kita sebut daya tahan tubuh memiliki makna sebagai sistem kekebalan tubuh yang memiliki fungsi untuk mendeteksi atau menghancurkan benda asing yang masuk ketubuh yakni bakteri dan virus. 

Pentingnya untuk menjaga kestabilan kekebalan tubuh yakni tubuh selalu siap siaga untuk melawan penyakit  masuk ke dalam tubuh.masyarakat harus meningkatkan imunitasnyaagar tidak mudah terpapar.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan imun tubuh kita di kehidupan sehari-hari, tanpa mengharuskan kita mengeluarkan biaya untuk kekebalan tubuh tersebut.

Cara Meningkatkan Imun Tubuh 

1. Konsumsi Makanan Penuh Gizi

Langkah pertama yang kita lakukan pastinya mengkonsumsi makanan yang memiliki gizi yang baik.hindarilah makanan yang mengandung banyak lemah, penyedap rasa yang berlebihan dan makanan-makan siap saji.

Tubuh yang kurang mengandung asupan makan bergizi merupakan salah satu pemicu kurangnya imun di dalam tubuh kita.

Sumber gizi dapat kita hasilkan dari berbagai jenis makanan yakni ,sayur-sayuran,dan buah-buahan, kedua makanan tersebut banyak mengantung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh .selain daripada itu, makanan yang mengandung gizi lainnya yaitu Nasi, gandum,karbohidrat, daging dan kacang-kacangan untuk menghasikan protein yang tinggi.

2. Memastikan kecukupan asupan vitamin C

Salah satu dari banyaknya vitamin, vitamin C adalah salah satu vitamin yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. 

Bukan hanya sebagai peningkat  imun vitamin c juga memiliki manfaat sebagai melawan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. 

Makanan yang mengandung vitamin C sangat mudah untuk kita temukan. Selain dapat kita dapat dari buah-buahan yakni, jerus, jambu, kiwi dan buah beri vitamin C juga dapat kita temukan didalam sayur-sayuran yakni sayur brokoli, bayam , paprika dan tomat .

Untuk lebih meningkatkankan imun tubuh kita ada baiknya kita mengkonsumsi asupan dari suplemen yang mengandung vitamin C.

3. Istirahat dengan Teratur 

Tidak sedikit masyarakat yang tidak menerapkan istirahat yang teratur dalam hidupnya.Padahal istirahat yang teratur sangat bermanfaat dalam meningkatkan imun tubuh. 

Tidur yang cukup setiap harinya merupakan cara yang ampuh kita lakukan karena tidur yang cukup dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dalam kondisi prima. 

Sistem kekebalan tubuh yang cukup mampu melawan patogen penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh.

Saat tidur tubuh akan mengeluarkan zat yang bernama sitokin yang fungsinya sebagai meningkatkan kualitas tidur. 

Sebaliknya saat tubuh kurang tidur maka produksi dari sitikokon dan sel T di tubuh akan kurang dan dapat menyebabkan tubuh tidak dapat melawan virus .maka dari itu pastikan selalu memenuhi kebutuhan istirahat dengan melakukan tidul minal 7 jam perharinya .

4. Mengelola stress

Stress adalah salah satu penyakit yang diakibatkan oleh pemikirang yang terlalu banyak. Tanpa kita sadari stress adalah salah satu pemicu kurangnya kekebalan tubuh. 

Mengelola stress dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Saat kita stres maka tubuh kita kan memproduksi hormon kortisol yang menyebabkan stres yang berkepanjangan dan dapat menurunkan kekebalan tubuh. 

Ada beberapa hal yang bisa lakukan dalam mengelola stres yakni selalu berpikir positif dan santai, rajin berolahraga, bertemu dengan teman, tidak menyimpan masalah didalam hati serta melakukan perawatan yang memanjakan diri.

5. Perbanyak olahraga 

Melakukan olahraga yang rutin memiliki manfaat yang sangat baik untuk meningkatkan  kekebalan tubuh. 

Kegiatan ini sangat menyimpan segudang manfat bagi kesehatan yakni mencegah penyakit jantung, obesitas, melindungi diri dari penyakit kardiovaskular, serta keropos tulang.

Kegiatan olahraga yang rutin dapat merangsang antibodi dan sel darah putih yang fungsi untuk melawan berbagai penyakit. 

Cara kerja sel darahputih saat berolahraga yakni bersirkulasi lehih lancar sehingga lebih cepat mendeteksi keberadaan penyakit .

Fungsi lain dari melakukan olahraga secara rutin adalah dapat memberi dampak positif bagi kesehatan mental karena olahraga terbukti dapat meringankan stres, memperbaiki suasana hati, dan menumbuhkan rasa percaya diri.

6. Menjauhi Rokok

Salah satu pemicu timbulnya penyakit adalah melakukan kebiasan merokok .Rokok mengandung ribuan zat yang beracun dan dapat menurunkan daya tahan tubuh. 

Oleh sebab itu, menghindari rokok adalah salah satu cara yang tepat dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Seorang perokok sangat berisikotinggi mengalami infeksi paru yaitu bronkitis dan pneumonia.

Selain dari pada itu asap rokok juga sangat berbahaya bagi yang menghirupnya. Maka mulain saat ini marilah kita menghindari atau mengurangi mengkonsumsi rokok agar kekebalan tubuh kita tetap stabil.

7. Rutin Membasuh Tangan 

Kebiasaan dalam mencuci tangan sebelum makan dalah hal yang sangat penting untuk kita terapkan. 

Saat kita beraktivitas terutama di lapangan ,tubuh selalu berinteraksi dengan benda-benda disekitar. 

Kita akan sering melakukan sentuhan orang lain yang tanpa kita ketahui dia sedang terkena penyakit. 

Virus dan bakteri akan secara gampang menular dengan kita. Oleh sebab itu sangat disarankan kepada kita setelah melakukan aktivitas di lapangan agar mencuci tangan dengan bersih.Karena kegiatan tersebut dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita.

Membasuh tangan dapat kita lakukan setelah, menggunakan toilet, memegang hewan, menggunakan transfortasi umum,  dan sebelum makan .

8. Berjemur 

Berjemur merupakan kegiatan yang memiliki manfaat memperbanyak asupan vitamin D dalam tubuh.Seperti yang kitaketahui bahwa langkah yang harus kita lakukan untuk mendapat vitamin D adalah berjemur di bawah sinar matahari.

Walaupun demikian kegiatan berjemur di bawah sinar matahari tidak dapat kita lakukan dengan sembarangan.Karena dapat memicu timbulnya penyakit dalam tubuh kita.

Adapun aturan-aturan waktu yang baik untuk berjemur di bawah sinar matahari adalah pada pukul 08.00 -09.00 WIB atau 11.00 – 13.00.lakukanlah selama 10-15 menit  setiap harinya.

9. Menjaga Kebersihan Lingkungan 

Kebersihan lingkungan merupakan salah satu pemicu kurangnya kekebalan tubuh .lingkungan yang kotor dapat membuat kita mendapatkan udara yang tidak sedap atau tidak segar. Lingkungan yang kotor biasanya mengandung banyak virus dan bakteri pemicu tubuh terkena penyakit. 

Tempat tinggal yang bersih adalah salah satu cara kita untuk mengembalikan imun tubuh yang sudah berkurang, adapapun langkah yang harus kita lakukan adalah dengan sering membersihkan debu-debu yang ada didalam tempat tinggal kita.karena tempat tinggal dengan sanitasi yang buruk dapat menimbulkan peluang tumbuhnya mikroorganisme.  

Tips Meningkatkan Imun Tubuh Agar tidak Mudah Sakit Tips Meningkatkan Imun Tubuh Agar tidak Mudah Sakit Reviewed by AdmLebihSehat on September 05, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.