Segudang Manfaat Mengonsumsi Vitamin C Untuk Kesehatan

Segudang Manfaat Mengonsumsi Vitamin C Untuk Kesehatan

Vitamin C sangat bermanfaat bagi tubuh kita terutama bagi kesehatan tubuh . Saat tubuh  terserang penyakit deman atau flu vitamin C adalah salah satu suplemen yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit tersebut. 

Dengan mengkonsumsi suplemen vitaman C yang cukup maka imun tubuh akan tetap terjaga dari banyaknya penyakit yang terjadi di masa sekarang ini. 

Sistem kekebalan tubuh sangat membutuhkan asupan jenis vitamin ,protein dan mineral . salah satu jenis vitamin yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh adalah vitamin C yang dikenal juga sebagai pembentuk kolagen yang penting dalam proses pengobatan luka. 

Vitamin C dapat diperoleh dari sayuran dan buah atau sumplemen yang mengandung vitamin C. Berbagai jenis buah yang memilki vitamin C yang tinggi adalah Jeruk, Pepaya, Tomat ,Jambu Biji hingga Tomat. Jambu Biji memiliki mengandung 200mg vitamin C dan mampu mencukupi kebutuhan vitamin harian sebanyak 140 %.

Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan

Segudang Manfaat Mengonsumsi Vitamin C Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan  Daya  Tahan  Tubuh 

Tubuh yang sehat adalah tubuh yang memiliki keseimbangan yang baik, salah satu cara menjaga keseimbangan tubuh adalah dengan mengkomsumsi vitamin C yang cukup. 

Vitamin C membantu menjaga kestabilan tubuh dengan cara mendorong produksi sel darah putih yang disebut limfosit dan fagosit. 

Selain menjaga daya tahan tubuh vitamin C juga dapat memperkuat pertahanan kulit. Sehingga kulit dapat menjaga tubuh dari udara dan lingkungan yang tidak sehat .

2. Melindungi Kesehatan Mata

Memiliki mata yang sehat adalah impian dari semua manusia. Mata yang sehat mempermudah kita untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Vitamin C dapat mengurangi atau menurunkan resiko adanya katarak di dalam mata kita. Selain itu, vitamin C dapat membantu memperlambat perkembangan degenerasi makula terkait usia (AMD).

3. Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi 

Salah satu penyakit  yang  berbahaya  di indonesia adalah darah tinggi. Penyakit darah tinggi dapat menyebabkan gangguan pada jantung dan ginjal serta terkait erat dengan penyakit demesia. 

Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol akan memicu kerusakan yang kronis dan terjadi dibeberapa organ dalam tubuh. Salah satu cara untuk mengurangi tekanan darah tinggi adalah dengan mengkomsumsi vitamin C.

Vitamin C dapat menurunkan tekanan darah sistolik dengan jumlah 3.84 mmHg. Dengan kemampuan vitamin C dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan mudah .

4. Mencegah Asam Urat 

Asam urat merupakan kondisi penyakit yang dapat menyebabkan nyeri yang tak tertahankan dan ada pembengkakan di persendian. 

Penyakit asam urat pada umumnya terjadi kepada pria yang beruia 30 tahun ke atas. Vitamin C  memiliki peran penting  dalam pencegahan asam urat. 

Cara kerja vitamin C untuk mencegah asam urat dengan cara menghambat reabsorbsi asam urat di tubulus,ginjal, sehingga kecepatan kerja ginjal mengeluarkan asam urat melalui urin akan meningkat (Hyon et al 2009).

Vitamin C juga memiliki peran dalam mencegah kekurangan zat besi dan mengurangi kadar-kadar sel dalam tubuh.

5. Menjaga kulit tetap sehat dan kencang 

Kulit sehat dan kencang adalah impian seluruh wanita di Indonesia. Kulit sehat dan kencang membuat kita selalu tampil percaya diri. 

Vitamin C sangat bermanfaat bagi tubuh kita, khususnya vitamin yang berasal dari buah-buhanan karena memiliki zat gizi yang sangat tinggi. 

Zat giji inilah yang mendorong produksi kolagen dan melindungi sel kulit dari kerusakan. Dalam vitamin C terdapat kandungan kolagen yang dapat membentuk struktur kulit anda. Dengan mengkonsumsi vitamin C yang rutin akan membuat kulit menjadi sehat.

6. Menurunkan Kolesterol

Penyakit kolestrol tinggi merupakan penyakit  yang banyak di derita oleh masyarakat indonesia. Koresterol dipicu oleh terlalu sering mengkomsumsi makanan berminyak, kurang berolahraga dan juga dipicu oleh gen atau faktor keturunan.

Tubuh yang sudah diserang oleh penyakit kolesterol sangat membutuhkan asupan gizi dari vitamin C. vitamin C dapat mencegah pembentukan plak yang ada pada pembuluh darah yang disbabkan oleh minyak jahat. Beberapa penelitian menemukan penemuan bahwa mengkonsumsi vitamin C sebanyak 500 miligram/hari dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida.

7. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung 

Penyakit jantung dapat dipicu dari beberapa hal ,salah satunya adanya tekanan darah tinggi serta kolesterol yang tinggi. Tidak sedikit penyakit jantung juga terjadi karena adanya gaen atau turunan dari orang tua kita.

Tubuh kita yang sudah memiliki penyakit jantung haruslah rajin mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C, sayur-sayuran serta buah.Vitamin C dapat menjaga kesehatan jantung dan melancarkan peredaran darah sehungga tubuh kita terhindar dari serangan jantung mauoun penyakit stroke.

8. Menjaga Ingatan Serta Fungsi otak

Bagi kita yang sudah menjalani masa tua, sangat rentan dengan hilangnya ingatan atau pelupa. Pelupa merupakan gejala yang disebakan oleh lemahnya ingatan kita.

Ingatan yang melemah dipicu oleh fungsi otak yang mulai melemah, serta memiliki kadar vitamin C yang rendah dalam darahnya. Melemahnya fungsi otak juga sangat mempengaruhi psikologis seseorang.

Oleh sebab itu otak kita sangat membutuhkan tambahan dari luar dengan mengkonsumsi vitamin C tang cukup agar ingatan tetap terjaga serta dapat berpikir secara baik.

9. Mempercepat Penyembuhan Luka

Selain beberapa manfaat di atas vitamin C juga memiliki manfaat sebagai penyembuh luka. Jenis vitamin ini mengandung kolagen yang dapat mempercepat penyembuhan luka.Vitamin C merangsang produksi kolagen yang dihasilkan dari kebutuhan vitamin C yang terpenuhi bagi tubuh.

Segudang Manfaat Mengonsumsi Vitamin C Untuk Kesehatan Segudang Manfaat Mengonsumsi Vitamin C Untuk Kesehatan Reviewed by AdmLebihSehat on September 02, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.