Tips Melancarkan Sistem Pencernaan

Tahukah kamu? Pencernaan merupakan salah satu bagian dari kerja organ tubuh bagian dalam yang sangat penting untuk diperhatikan.

Mengapa hal tersebut penting? Ya, karena jika pencernaan kamu sampai mengalami sebuah masalah, tentu akan membuat perut terasa tidak nyaman.

Tak hanya merasasa tak nyaman saja, jika kondisi yang satu ini dibiarkan begitu saja dalam jangka waktu yang cukup lama ternyata dapat memicu hal-hal yang tak baik lho.

Jadi, apa yang harus kita lakukan untuk memiliki sistem pencernaan yang lancar? Penasaran apa saja? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Tips Melancarkan Sistem Pencernaan

1. Lebih Banyak Air Putih

Tips Melancarkan Sistem Pencernaan

Tips pertama yang dapat kalian lakukan untuk mendapatkan sistem pencernaan yang sehat adalah dengan banyak mengonsumsi air putih.

Air putih memang sudah dikenal sebagai salah satu cara yang sangat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah tubuh.

Diketahui bahwa banyak mengonsumsi air putih juga dapat membantu menghindarkan tubuh dari kondisi dehidrasi atau tubuh kekurangan cairan.

Saat tubuh mengalami dehidrasi, bisa terjadi penyerapan air pada usus besar, sehingga feses menjadi keras, kering, dan sulit dikeluarkan. Normalnya, orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi delapan gelas air minum setiap hari.

2. Konsumsi Serat

Tips Melancarkan Sistem Pencernaan

Selain banyak mengonsumsi air putih, cara berikutnya yang dapat kalian lakukan untuk membantu memperbaiki sistem pencernaan adalah dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat.

Faktanya, selain asupan air, serat juga merupakan salah kandungan zat yang dapat membantu melancarkan sistem perncernaan.

Untuk itu, dianjurkan bagi kamu untuk selalu mengonsumsi serat setidaknya 25 hingga 50 gram dalam satu hari. Kamu bisa mendapatkan asupan serat dengan mengonsumsi roti gandum utuh, buah, dan sayur-sayuran.

Perlu kalian ketahui bahwa serta sangat memegang peranan yang penting untuk membantu memudahkan feses untuk keluar dari tubuh.

Tak hanya serat saja, banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kandungan bateri baik, seperti yang terdapat pada yogurt juga dianjurkan.

3. Aktif Bergerak

Tips Melancarkan Sistem Pencernaan

Tips berikutnya yang dapat kalian lakukakan untuk mendapatkan sistem pencernaan yang sehat adalah dengan banyak melakukan pergerakan.

Untuk itu, dianjurkan bagi kamu untuk rutin melakukan olahraga, salah satunya adalah dengan banyak melakukan jogging di pagi hari, lari-lari kecil, atau senam agar pencernaan jadi lebih lancar.

Hal ini disebabkan karena banyak melakukan pergerakan dapat membantu merangsang organ usus pada kesempatannya, hal itu berguna untuk mengatasi sembelit.

Namun walaupun begitu, perlu kalian ketahui bahwa terlalu banyak melakukan olahraga yang berat juga dapat memicu timbulnya penyakit lain loh, jadi hati-hati ya.

4. Posisi Duduk saat di Toilet

Tips Melancarkan Sistem Pencernaan

Tak hanya banyak melakukan olahraga saja, ternyata posisi duduk saat di toilet juga berpengaruh besar dalam kelancaran sistem pencernaan kalian.

Supaca BAB lebih lancar, ada baiknya jika kalian duduk dengan mengarahkan tubuh ke depan saat sedang buang air besar. Kemudian, lemaskan bagian lengan dan paha, dan angkat sedikit tumit kaki. Teknik ini membuat tubuh menjadi condong mengikuti gravitasi sehingga feses lebih mudah keluar.

5. Atur Waktu BAB

Tips Melancarkan Sistem Pencernaan

Tips berikutnya yang juga dapat kamu lakukan ketika kamu ingin memiliki sistem pencernaan yang lancar adalah dengan mengatur waktu BAB yang tepat.

Pada umumnya, pagi hari memang dianggap sebagai waktu yang tepat untuk buang air besar, namun faktanya masing-masing orang memiliki jadwal yang berbeda.

Adapun cara yang tepat untuk mengatur waktu buang air besar adalah dengan makan teratur pada jam yang sama, sehingga pencernaan akan memiliki ritme yang lebih teratur dan BAB jadi lebih lancar.

Tips Melancarkan Sistem Pencernaan Tips Melancarkan Sistem Pencernaan Reviewed by AdmLebihSehat on Agustus 23, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.