Ketahui, 5 Manfaat Mengkonsumsi Tomat Untuk Kesehatan

 


Hai Sobat bloger siapa sih diantara kamu yang belum mengenal tomat?

Kata "tomat" berasal dari kata dalam bahasa Nahuatl, tomatl (diucapkan: /tɔ.matɬ/). Tomat atau rangan adalah tumbuhan Setahun Yang berbentuk perdu atau semak dan termasuk kedalam golongan tanaman berbunga. Buahnya berwarna merah dan memiliki rasa manis agak kemasam masaman.

 

Tomat (Lycopersicum esculentun Mill) merupakan tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Bagi sebagian orang mungkin masih banyak yang bertanya tanya "Tomat itu sebenarnya termasuk buah atau sayur ?"

 

Dalam klafisikasi botanika dan ilmu pengetahuan, tomat merupakan jenis buah hal ini karena Tomat memiliki biji di dalamnya dan tumbuh dari bunga tanaman.

 

Sementara itu, dalam klasifikasi kuliner tomat termasuk jenis sayuran. Dalam memasak, tomat biasanya digunakan sendiri atau dipasangkan dengan sayuran asli lainnya. Akibatnya,  tomat  mendapatkan reputasi sebagai sayuran, meskipun secara ilmiah tomat adalah buah.

 

Terlepas dari krisis indentitasnya, Tomat adalah makanan yang kaya akan nutrisi yang memberikan beragam manfaatan Kesehatan. Kira kira apa saja yah sobat bloger ? Yuk simak penjelasan dibawah ini.

 

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Lycopene yang terkandung didalam tomat berfungsi untuk melindungi sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas yang dianggap sebagai faktor utama dari penyakit demesia. Lycopane dalam tomat nantinya akan melindungi otak dari gangguan kerusakan otak

Di dalam tomat juga mengandung vitamin B6 yang baik untuk memproduksi hemoglobin sehingga bisa mengatasi anemia, dan kadar oksigen rendah dalam tubuh dan meningkatkan daya ingat otak agar lebih tajam.

 

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan air dan serat dalam tomat dapat membantu sembelit. Bagi kamu yang lagi Ngejalanin program diet, buah ini sangat cocok bila dikonsumsi saat perut kosong atau sebelum makanan. Hal itu baik untuk melancarkan buang air besar dan cepat mengenyangkan.

Meskipun begitu bagi setiap orang , keasaman dari tomat dapat  memicu atau memperburuk refluks asam dan gangguan pencernaan.

 

3. Baik Untuk Kesehatan kulit

Manfaat makan tomat dianggap baik untuk kehesahatan kulit. kandungan likopen dalam tomat dapat melindungi kulit dari sengatan matahari.

Selain itu mengonsumsi tomat dapat meningkatkan produksi pro-kolagen, molekul yang memberi struktur pada kulit dan membuatnya tetap kencang dan awet muda. Ilmuwan percaya bahwa likopen dalam tomat adalah kuncinya.

 

4. Memelihara Kesehatan Jantung

Kandungan serat, kalium dan vitamin c dalam tomat dapat  memelihara Kesehatan jantung bila dikonsumsi setiap hari. Mengonsumsi asupan tinggi kalium seperti tomat dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

 

5. Menjaga Dan Meningkatkan Kesehatan Mata

Tomat mengandung beta karoten, lutein dan likopen yang sangat baik untuk menajaga dan meingkatan kesehatan mata. Menurut penelitan, nutrisi itu dapat mendukung pengliuhatan dan melindungi mata dari katarak dan degenerasi macula.


Nah sobat bloger itulah manfaat tomat bagi Kesehatan, Tertarik untuk mencoba ?

 

Ketahui, 5 Manfaat Mengkonsumsi Tomat Untuk Kesehatan Ketahui, 5 Manfaat Mengkonsumsi  Tomat Untuk Kesehatan Reviewed by AdmLebihSehat on Agustus 22, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.