Manfaat Mengkonsumsi Wortel Bagi Kesehatan Tubuh


Wortel merupakan sayuran yang paling banyak digemari banyak orang baik itu dewasa maupun anak anak. Selain harganya yang juga realtif murah jenis sayuran ini memang mengandung banyak nutris dan vitamin.

Kalau bicara tentang wortel, kita pasti teringat pada buah yang berwarna oranye dan bentuknya memanjang, serta salah satunya meruncing. Menurut para botanis, wotel (Daucus Carota) dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yakni :

a. Jenis Chantenang, yakni wortel yang memiliki umbi akar berbentuk bulat panjang dan rasa manis.

b. Jenis imperator, yakni wortel yang memiliki umbi akar berukuran panjang dengan ujung meruncing dan rasanya kurang manis.

c. Jenis mantes, yakni wortel hasil kombinasi dari jenis wortel imperator dan chantenang. Umbi akar wortel berwarna khas oranye.

Dari ketiga jenis wortel tersebut, jenis wortel Chantenang yang paling banyak dikembangkan karena memberikan hasil dan produksi yang baik.  Sebelum mengetahui manfaat wortel bagi tubuh, kalian perlu tahu apa saja kandungan dan zat gizi yang ada pada sayuran ini.

Dalam setiap 100 gram wortel, terkandung 40 kalori dan beragam nutrisi berikut:

a. 9,5 gram karbohidrat

b. 2,8–3 gram serat

c. 4,8 gram gula

d. 0,9 gram protein

e. 320 miligram kalium

f. 70 miligram natrium

g. 30 miligram kalisum

h. 35 miligram fosfor

i. 20 mikrogram folat

j. 835 mikrogram vitamin A

k. 13 mikrogram vitamin K

Selain itu wortel juga mengandung banyak senyawa fitokimia seperti beta-karoten, antosianin, polifenol, lutein, likopen dan zeaxanthin. Berkat kandungan gijinya yang sangat banyak, ada beragam manfaat wortel bagi kesehatan yang bisa kalian peroleh yaitu:

1. Menjaga Kesehatan mata

Salah satu manfaat wortel yang paling terkenal adalh menjaga kesehatn mata. Hal ini karea wortel banyak mengandung banyak vitamin A, lutein dan zeaxanthin.

Dengan rutin mengkonsumsi sayuran ini kalian akan beresiko lebih rendah untuk terkena berbagai penyakit mata, seperti rabun senja, katarak dan degenerasi makula.

2. Meningkatkan metabolisme

Mengonsumsi wortel yang diolah menjadi jus dapat membantu meningkatkan metabolisme dan level energi. Hal ini karena sayuran wortel memiliki kandungan vitamin B yang dapat memecahkan lemak, Selain itu, kandung tersebut juga dapat memastikan energi dipakai secara efisien oleh tubuh.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan kalsium, fosfor, vitamin A, dan beta karoten pada wortel dapat menjaga kesehatan jantung dan menurunu resiko  terkena penyakit jantung. Kalium pada wortel baik untuk menjaga tekanan darah normal, Sedangkan kandungan serat dan antioksida pada wortel baik untuk mengontrol kadar kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyumbatkan pembuluh darah jantung.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin A, vitamin C, folat dan antioksida pada wortel dapat membantu meingkatkan daya tahan tubuh, agar tubuh lebih kuat dalam melawan bakteri dan virus virus penyebab penyakit.

5. Melancarkan sistem pencernaan

Serat dan air yang terkandung dalam wortel dapat membantu memperlancarkan proses pencernaan serta membuat tinja lebih padat dan lunak, sehingga baik untuk mencegah dan mengatasi konstipasi. Tak hanya itu sayur ini juga memiliki efek prebiotik yang baik untuk menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik pada usus.

Nah sobat bloger itulah beberapa manfaat wortel bagi kesehatan tubuh. Terati untuk mengkonsumsi?

Manfaat Mengkonsumsi Wortel Bagi Kesehatan Tubuh Manfaat Mengkonsumsi Wortel Bagi Kesehatan Tubuh Reviewed by AdmLebihSehat on Agustus 27, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.