Tips Menghilangkan Stres agar Hidup Lebih Damai dan Bahagia

Stres merupakan kondisi yang tidak boleh dibiarkan karena bisa menyebabkan masalah kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang, cara menghilangkan stres bisa Kalian lakukan lewat tindakan sederhana. Apa saja?

Nah, Kalian pun bisa mengelola stres dengan cara yang sederhana. Berikut sejumlah cara yang bisa Kalian jadikan pilihan.

1. Tersenyum

jenis senyum lebar yang melibatkan otot-otot wajah sekitar mata, dapat meningkatkan suasana hati.

Meskipun dilakukan dengan pura-pura, senyuman ini bahkan bisa membantu mengurangi stres ketika situasi sekitar membuat kalian merasa kewalahan.

Saat Anda tersenyum, terjadi perubahan aktivitas otak yang berhubungan dengan suasana hati. Senyuman juga akan membuat suasana hati orang sekitar menjadi lebih baik walau hanya pura-pura.

2. Bermain dengan hewan peliharaan

Salah satu alasan mengapa anjing atau kucing dijadikan hewan terapi adalah karena keduanya dapat memenuhi kebutuhan dasar manusia untuk mencurahkan kasih sayang.

Membelai, memeluk, atau bermain dengan hewan meningkatkan kadar serotonin dan dopamin pada otak. Kedua zat ini berguna untuk menenangkan pikiran dan otot sehingga Anda menjadi lebih rileks.

Selain itu, ternyata keberadaan binatang yang di sayangi atau hewan peliharaan bermanfaat untuk meringankan rasa kesepian. Hasilnya, suasana hati jadi lebih baik, risiko depresi berkurang, serta tekanan darah pun menurun.

3. Berenang atau berendam air hangat

Mengambang di air memicu respons relaksasi tubuh yang membantu menekan tingkat hormon stres. Berendam air hangat ditemani alunan musik yang lembut juga dapat dijadikan pilihan.

Anda juga bisa merendam kaki dalam air hangat yang dicampur minyak aromaterapi. Aroma tertentu, seperti lavender, telah secara konsisten terbukti mengurangi tingkat stres.

4. Menari sambil bernyanyi

Pada hari yang terasa berat, mengistirahatkan mental dan fisik dengan menari dapat memperbaiki mood. Coba mainkan lagu favorit Anda dan lakukan beberapa gerakan tarian.

Menggerakkan tubuh sambil bernyanyi mengikuti irama merupakan cara sederhana untuk mengatasi stres. Hati pun menjadi lebih senang dan masalah akan teralihkan.

5. Mencoret-coret kertas

Mencoret-coret kertas merupakan salah satu cara menghilangkan stres yang sederhana dan mudah untuk dilakukan. Cara ini sempat tren dengan istilah doodling.

Doodling dapat menjadi cara efektif untuk menenangkan pikiran saat Anda gugup dan berada di bawah tekanan. Untuk melakukannya, cukup siapkan pulpen dan secarik kertas saja.

Tidak hanya melepaskan stres dan ketegangan, aktivitas ini juga meningkatkan konsentrasi. Kreativitas Anda juga akan ikut terasah dengan melakukan doodling.

6. Minum jus jeruk

Minuman tinggi vitamin C, seperti jus jeruk, ternyata mampu mengurangi stres dari dalam tubuh. Jus jeruk meredakan stres dengan menurunkan kadar hormon pemicunya, yaitu kortisol.

Penelitian dalam Pakistan Journal of Biological Sciences (2015) juga menyebutkan bahwa suplemen vitamin C mungkin efektif sebagai perawatan tambahan untuk pengidap gangguan kecemasan.

Pasalnya, asupan vitamin C diketahui dapat menurunkan tingkat kecemasan.

7. Mengunyah permen karet

Tidak hanya menyegarkan napas dan menekan kebiasaan ngemil, permen karet juga dapat mengurangi gejala gangguan mental seperti kecemasan dan depresi.

Orang yang secara teratur mengunyah permen karet menunjukkan perbaikan berupa:

• penurunan tingkat kecemasan,

• peningkatan kewaspadaan,

• berkurangnya stres, dan

• peningkatan kemampuan multitasking.

8. Menarik napas dalam

Mengambil napas dalam terbukti menurunkan kadar kortisol. Hasilnya, teknik ini dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan yang Anda rasakan.

Untuk memulainya, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut.

• Cari tempat yang sepi dan nyaman, lalu duduk dengan tenang.

• Tutup mata dan ambil napas melalui hidung.

• Hirup napas dalam-dalam dalam dua hitungan. Tahan napas dalam satu hitungan, lalu buang napas perlahan dalam empat hitungan.

• Jika hitungan 2 sampai 4 terasa terlalu cepat, ubah menjadi 4 hitungan tarikan napas dan 6 hitungan embusan keluar. Bisa juga 6 tarikan napas dalam dan 8 hitungan hela napas.

• Apabila napas panjang justru semakin memicu kecemasan, jangan memaksakannya. Hal yang paling penting, lebih panjangkan tarikan dan embusan napas keluar.

Atur timer dan bernapas dengan cara ini setidaknya selama lima menit. Setelahnya, rasakan apakah Anda dapat melihat perbedaan dalam suasana hati.

Tips Menghilangkan Stres agar Hidup Lebih Damai dan Bahagia  Tips Menghilangkan Stres agar Hidup Lebih Damai dan Bahagia Reviewed by AdmLebihSehat on November 10, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.