Tips Menjaga Keseimbangan pH Kulit

Tips Menjaga Keseimbangan pH Kulit

Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat perlu dijaga karena kesehatannya karena merupakan bagian yang dapat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang.

Namun sangat disayangkan. Ternyata tak semua orang memiliki pH kuli yang seimbang. Seperti yang kita ketahui bahwa Potential hydrogen atau yang sering disebut dengan pH kulit merupakan sebuah istilah untuk menyebutkan kadar keasaman atau basa pada kulit. Normalnya, pH kulit yang normal adalah sekitar 4,5-5,5.

Kondisi pH kulit yang terlalu asam dapat menyebabkan munculnya kemerahan pada kulit yang berujung dengan pertumbuhan jerawat.

Sebaliknya, kondisi pH kulit yang terlalu basa meningkatkan potensi terjadinya kulit yang kering dan juga mengelupas. Itulah mengapa menjaga pH kulit dalam kondisi seimbang penting untuk kamu lakukan.

Lantas, bagaimana sih sebenarnya cara yang manjur untuk menjaga keseimbangan pH kulit, sudah tahu belum? Jika belum tak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya, yuk langsung simak saja.

Cara Menjaga Ph Kulit Tetap Seimbang

1. Cuci Wajah dengan Sabun yang Tepat

Cara pertama untuk menyeimbangkan pH kulit adalah dengan mencuci muka dengan sabun yang tepat. Sahabat sekalian bisa menggunakan sabun wajah dengan  pH sekitar 4,5-7. Hindari menggunakan losion yang mengandung alkohol atau parfum.

2. Gunakan Toner

Selain menyegarkan kulit, facial water memiliki manfaat lain untuk menyeimbangkan pH kulit. Pewarna yang tepat  adalah pewarna dengan pH seimbang. Toner ini memiliki tekstur yang ringan dan dapat menghilangkan komedo dari pori-pori. Gunakan toner ini setiap pagi dan malam.

3. Gunakan Pelembap

Setelah menggunakan toner, gunakan pelembab yang diklaim non-comedogenic. Pelembab ini  membantu menyeimbangkan pH kulit, melembabkan kulit dan mencerahkan wajah. Gunakan pelembab dalam bentuk krim, gel, atau krim.

4. Gunakan Sunscreen

Cara lain untuk menyeimbangkan pH kulit Anda adalah dengan menggunakan tabir surya secara teratur. Tabir surya atau tabir surya dapat melindungi kulit wajah Anda dari  sinar matahari. Bahkan membantu mencegah penuaan dini pada kulit. Gunakan tabir surya dengan faktor perlindungan 30 PA.

5. Rutin Mengeksfoliasi Wajah

Eksfoliasi wajah dapat dilakukan seminggu 2 kali saja. Sebaiknya eksfoliasi wajah pada malam hari, agar kondisi pH kulit tetap seimbang. Eksfoliasi wajah juga bisa membantu melembutkan tekstur wajah dan meregenerasi sel kulit.

6. Mengonsumsi Makanan Sehat

Jangan hanya merawat kulit dengan skincare. Sahabat Fimela juga harus mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung vitamin dan antioksidan. Misalnya, makan sayuran hijau dan buah-buahan yang rendah fruktosa. Hindari makan makanan berlemak seperti gorengan atau makanan cepat saji.

7. Rajin Berolahraga

Cara yang terakhir adalah rajin berolahraga. Selain meningkatkan sistem imunitas tubuh, olahraga dapat melancarkan sirkulasi darah dan menyeimbangkan pH kulit. Lakukan olahraga setiap hari dengan intensitas sedang, seperti lari, jalan kaki atau bersepeda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan

8 Manfaat Mimun Air Hangat di Pagi Hari, Sudahkah Kamu Melakukannya?

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Untuk Investasi Kesehatan Jangka Panjang