Manfaat Mengonsumsi Buah Untuk Kesehatan

Manfaat Mengonsumsi Buah Untuk Kesehatan

Buah merupakan salah satu makanan yang kaya akan sumber gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubur agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Sehabis makan, kita dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya satu macam buah untuk melengkapi gizi harian  yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tumbuh kembang kita.

Bahkan, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kita dianjurkan untuk mengkonsumsi setidaknya lima porsi atau 400 gram buah dan sayur setiap hari untuk mencegah penyakit kronis.

Lantas, apa sih manfaat mengkonsumsi buah untuk kesehatan? Penasaran? yuk langsung simak penjelasan berikut ini.

Manfaat Mengonsumsi Buah Untuk Kesehatan

Manfaat Mengonsumsi Buah Untuk Kesehatan

1. Menjaga kesehatan jantung

Berdasarkan beberapa studi yang sudah dilakukan, ternyata banyak mengkonsumsi buah dan sayur sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Dengan rutin mengkonsumsi sayur, setidaknya delapan porsi buah dan sayur per hari ternyata dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung, dan menurunkan resiko stroke sebanyak 30%.

Adapun beberapa buah yang dikenal sangat baik dikonsumsi guna menjaga kesehatan jantung yakni aneka jenis jeruk, mulai dari lemon, jeruk manis, limau, dan jeruk bali.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat mengonsumsi buah berikutnya untuk kesehatan yakni dapat membantu mengurangi resiko terjadinya tekanan darah tinggi.

Rutin mengonsumsi sayur juga dapat mengurangi terjadinya penumpukan lemak serta menambah asupan protein sehat yang berperan untuk menurunkan tekanan darah.

Tak hanya itu saja, beberapa hasil penelitian juga membuktikan diet dengan serat tinggi juga membantu proses penurunan tekanan darah.

3. Mencegah penyakit kanker

Manfaat mengonsumsi buah untuk kesehatan yang berikutnya adalah dapat membantu mencegah resiko terkena penyakit kanker.

Berdasarkan hasil sebuah penelitian kepada seorang wanita yang belum memasuki masa menopausenya dan cenderung rajin mengonsumsi buah setidaknya dengan takaran 3 porsi perharinya, ternyata terbukti dapat menurunkan resiko terjadinya kanker payudara.

Adapun beberapa jenis buah-buahan yang dikenal baik untuk mengurangi resiko terkena penyakit kanker yakni apel, pisang, anggur saat remaja dan jeruk ketika sudah dewasa.

4. Mencegah diabetes

Tak hanya dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit kanker, ternyata dengan rutin mengkonsumsi buah juga dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes.

Dari hasil sebuah studi, ternyata beberapa jenis buah, seperti blueberry, anggur, dan apel dapat mengurangi resiko terkena penyakit diabetes.

Sedangkan studi lain yang berasal dari Finlandia menyebutkan bahwa penyakit diabetes tipe 2 dapat dihindari dengan rutin mengonsumsi buah beri-berian seperti stroberi, blueberry, blackberry, dan rasberi.

5. Mengurangi berat badan

Manfaat berikutnya yang akan kamu dapatkan ketika rutin mengonsumsi buah segar adalah dapat mengurangi berat badan.

Beberapa jenis buah, seperti beri-berian, apel, dan pir ternyata sangat baik dikonsumsi dikala sedang menjalani proses diet.

Namun perlu kamu ingat bahwa walaupun kamu sedang melakukan diet buah, ada baiknya jika kamu juga mengurangi konsumsi roti, kerupuk, dan produk karbohidrat olahan lain agar hasilnya dapat lebih maksimal.

6. Melancarkan pencernaan

Hampir sama dengan sayuran, ternyata mengkonsumsi buah juga dapat membantu melanjarkan pencernaan karena umumnya buah mengandung serat yang mampu menyerap air dan mengembang saat melalui sistem pencernaan.

Tak hanya itu saja, kandungan serat dalam buah juga memiliki sifat tak larut air, sehingga dapat mengurangi tekanan pada saluran pencernaan, sehingga terhindar dari penyakit diverticulosis.

7. Menjaga kesehatan mata

Manfaat mengkonsumsi buah untuk kesehatan yang berikutnya adalah dapat digunakan untuk menjaga kesehatan mata dan menurunkan resiko terjadinya penyakit katarak serta degenerasi makula.

Hal ini disebabkan buah banyak mengandung antioks idan lutein serta zeaxanthin yang berperan untuk memberikan perlindungan pada organ penglihatan.

Manfaat Mengonsumsi Buah Untuk Kesehatan Manfaat Mengonsumsi Buah Untuk Kesehatan Reviewed by AdmLebihSehat on Agustus 10, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.