Tips Mendapatkan Tidur Malam Yang Berkualitas

Tidur merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan jiwa raga yang sehat dan juga terhindar dari berbagai macam penyakit yang mengintai.

Tidur yang dibutuhkan oleh tubuh adalah tidur yang berkualitas dan juga sesuai dengan ancuran yang sudah ditetapkan, yakni sekitar 7-8 jamnya untuk perhari.

Nah, tidur yang berkualitas merupakan sebuah hal yang penting. Untuk itu penting buat kalian untuk senantiasa memiliki tidur yang cukup.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

1. Batasi waktu tidur siang

Tips Mendapatkan Tidur Malam Yang Berkualitas

Cara pertama yang dapat kalian lakukan untuk mendapatkan tidur malam yang berkualitas adalah dengan membatasi jadwal tidur siang yang terlalu lama.

Untuk waktu tidur siang yang dianjurkan adalah cukup hanya 20 menit saja perharinya, agar dimalam harinya kamu tidak akan mengalami susah tidur,

Sebenarnya terdapat suatu tips yang dapat menghindarkan kalian untuk tidur di siang hari, yakni dengan melakukan gerakan olahraga siang, seperti berjalan kaki atau berbicara dengan keluarga.

2. Hindari olahraga berat sebelum tidur

Tips Mendapatkan Tidur Malam Yang Berkualitas

Cara berikutnya yang dapat kalian lakukan untuk mendapatkan tidur malam yang berkualitas adalah dengan menghindari olahraga yang berlebihan dimalam hari.

Pada dasarnya melakukan olahraga dimalam hari memang dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat serta otak lebih fresh.

Namun, terlalu banyak melakukan olahraga dimalam hari dapat mem buat mata menjadi tetap terjaga dimalam hari.

Untuk itu, bagi kalian yang sangat suka melakukan olahraga dimalam hari, kalian dapat menggantinya dengan aktivitas yang lain, seperti membaca buku, berendam air hangat, atau mendengarkan musik.

 3. Hindari makan berat menjelang waktu tidur

Tips Mendapatkan Tidur Malam Yang Berkualitas

Tips berikutnya yang dapat kalian lakukan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup adalah dengan menghindari  mengkonsumsi makanan yang berat sebelum tidur.

Hal ini disebabkan karena makanan yang berat cenderung membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras, sehingga bisa mengganggu tidur anda.

Untuk itu, bagi kalian yang merasa lapar di malam hari, kalian bisa mengganti makanan yang berat dengan mengkonsumsi cemilan yang ringan saja, seperti biskuit, sereal, atau susu. Selain itu, batasi waktu makan, paling lambat satu jam sebelum tidur.

4. Hindari mengonsumsi kopi atau merokok sebelum tidur

Tips Mendapatkan Tidur Malam Yang Berkualitas

Cara berikutnya yang dapat kalian lakukan untuk membantu membuat tidur menjadi lebih berkualitas adalah dengan menghindari mengkonsumsi kopi dan merokok sebelum tidur.

Dengan menghindari kedua aktivitas tersebut, maka kalian akan mendapatkan tidur yang lebih berkualitas dan juga dapat membantu mencegah peningkatan berat badan.

5. Hindari menggunakan perangkat elektronik atau gawai sebelum tidur

Tips Mendapatkan Tidur Malam Yang Berkualitas

Cara berikutnya yang dapat kalian lakukan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas adalkah dengan menghindari penggunaan perangkat elektronik sesaat sebelum tidur.

Kalian harus membiasakan sebelum tidur untuk menenangkan pikiran sebelum tidur agar dapat tidur dengan tenang.

Selain beberapa cara di atas, Anda juga disarankan untuk membuat jadwal tidur dan salah satunya adalah dengan tidur bifasik. Lakukan kebiasaan tidur teratur, bahkan saat akhir pekan.

Memiliki jadwal tidur yang baik tentu akan berimbas pula dengan posisi tidur yang nyenyak. Pastikan kalian menciptakaan suasana yang nyaman terlebih dahulu ya sebelum tidur.

Tips Mendapatkan Tidur Malam Yang Berkualitas Tips Mendapatkan Tidur Malam Yang Berkualitas Reviewed by AdmLebihSehat on Juni 21, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.