Tak Banyak Yang Tau, Ini Manfaat Tersembunyi Rutin Mengkonsumsi Sayuran Hijau

Tak Banyak Yang Tau, Ini Manfaat Tersembunyi Rutin Mengkonsumsi Sayuran Hijau

Sayuran hijau merupakan salah satu bahan makanan yang wajib banget kamu konsumsi untuk memenuhi nutrisi harian kalian. Selain sayuran hijau, sayuran hidroponik juga bisa kamu konsumsi.

Sayuran hijau akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kalian. Hal ini sejalan dengan sebuah hasil penelitian yang di lakukan oleh Health Surveys for England menunjukkan, pola makan kaya sayur serta buah bisa melindungi tubuh dari risiko kanker, penyakit jantung dan gangguan pada usus serta sistem pencernaan lainnya.

Tak hanya sampai disitu saja, ternyata sayuran hijau juga memiliki manfaat tersembunyi untuk kesehatan tubuh kamu. Penasaran apa saja? Yuk langsung simak penjelasan berikut ini.

1. Mencegah Perut Kembung

Tak Banyak Yang Tau, Ini Manfaat Tersembunyi Rutin Mengkonsumsi Sayuran Hijau

Manfaat pertama yang dapat kamu dapatkan ketika rutin mengkonsumsi sayuran hijau adalah kamu akan terhindar dari masalah perut kembung.

Selain itu, sayuran ini nantinya akan membersihkan segala jenis “sampah” yang ada di dalam pencernaan dan juga membunuh bakteri jahat yang menjadi penyebab infeksi pada usus dan lambung, serta perut kembung.

Kemudia, rutin mengkonsumsi sayuran hijau juga dapat membantu kalian untuk terlihat lebih ramping karena dapa mengatasi perut kembung dan juga pembengkakan yang disebabkan oleh konsumsi garam berlebihan, dari makan biskuit, junk food atau makanan instan.

Sayuran mengandung banyak potassium dan air yang bisa membantu menyingkirkan kelebihan garam, sekaligus menyeimbangkan cairan dan elektrolit di dalam tubuh.

Jika kalian ingin mengatasi masalah yang satu ini, maka ada baiknya jika kalian mengkonsumsi ketimun, jeruk, selada hijau, selada merah dan tomat.

Kamu juga lebih dianjurkan mengkonsumsi sayuran dalam keadaan mentah segar karena sayuran yang sudah mengalami proses pemanasan akan mematikan enzim dan mengurangi serat yang penting dalam proses mencerna makanan.

2. Membuat Wajah Tampak Cerah dan Muda

Tak Banyak Yang Tau, Ini Manfaat Tersembunyi Rutin Mengkonsumsi Sayuran Hijau

Manfaat rajin mengkonsumsi sayuran hijau yang berikutnya adalah dapat membantu membuat wajah menjadi terlihat lebih cerah dan juga awet muda.

Sedari dulu, sayuran hijau memang dipercaya sebagai makanan yang dapat mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dan membuat kulit tampak muda serta kenyal.

Sayuran hijau yang segar biasanya akan mengandung banyak phytonutrient, vitamin C dan tinggi kandungan airnya.

Tak hanya itu, sebagian besar sayuran memiliki 85 persen hingga 95 persen air, yang bisa membantu melembabkan kulit sekaligus mengurangi kerutan.

Sementara itu phytonutrient berkhasiat mencegah penuaan dini dengan melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat stres, paparan sinar matahari, polusi dan radikal bebas. Sementara vitamin C mendukung pembentukan kolagen alami pada tubuh.

3. Mengurangi Stres

Tak Banyak Yang Tau, Ini Manfaat Tersembunyi Rutin Mengkonsumsi Sayuran Hijau

Manfaat mengkonsumsi sayuran yang berikutnya adalah dapat membantu mengurangi stres dan membantu mengembalikan mood yang tidak baik.

Kalian harus tau bahwa hal yang dapat membuat stress meningkat adalah karena faktor terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji.

Untuk itu, ada baiknya jika kalian mengkonsumsi sayuran hijau saja, karena di dalamnya terdapat banyak kandungan seperti magnesium dan vitamin C.

Selain itu, dalam sayuran hijau juga terdapat nutrisi pereda stres lainnya seperti asam lemak omega-3, vitamin B dan potassium yang bisa melawan kelelahan serta depresi.

Tak hanya sampai disitu saja, kandungan Potassium dan magnesium yang terdapat dalam sayuran juga bisa membuat Anda lebih relaks dengan menjaga tekanan darah tetap stabil.

Untuk meredakan stres, Anda bisa makan hampir semua jenis sayuran. Mulai dari sayuran berdaun hijau, kentang, paprika, bayam, bok choy, edamame, jamur dan tomat.

4. Melindungi Tulang

Tak Banyak Yang Tau, Ini Manfaat Tersembunyi Rutin Mengkonsumsi Sayuran Hijau

Manfaat sayuran hijau yang berikutnya adalah dipercaya dapat melindungi tulang dari segala macam jenis penyakit yang bisa saja datang mengintai.

Salami ini kita sering berasumsi bahwa yang dapat menjaga kesehatan tulang hanya susu saja, karena banyak mengandung kalsium dan juga vitamin D.

Hal tersebut pada dasarnya memanglah benar, akan tetapi kalian juga harus tahu bahwa ternyata sayuran hijau juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang, karena banyak mengadung beberapa vitamin yang baik untuk tulang, seperti vitamin K, magnesium, potassium dan serat prebiotik.

Kalian dapat mengkonsumsi tomat untuk membantu menjaga tulang tetap sehat dan juga kuat.

Selain tomat, sayuran lainnya adalah tanaman berdaun hijau pekat, bayam (masak sebentar agar kandungan kalsiumnya bertambah), brokoli, kacang polong, jamur, asparagus, kale, bawang putih dan daun bawang.

Tak Banyak Yang Tau, Ini Manfaat Tersembunyi Rutin Mengkonsumsi Sayuran Hijau Tak Banyak Yang Tau, Ini Manfaat Tersembunyi Rutin Mengkonsumsi Sayuran Hijau Reviewed by AdmLebihSehat on Juni 28, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.