Tips Olahraga Saat Berpuasa

 


Manfaat olahraga secara teratur adalah untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Tak terkecuali untuk seseorang yang sedang berpuasa. Tentunya kita ingin ibadah lancar dengan fisik yang tetap kuat.

Saat berpuasa, seseorang akan cenderung mengalami lemas dan hormone stress rentan melonjak. Kondisi seperti ini sangat tidak diharapkan. Untuk itu dengan berolahraga Anda akan mendapatkan manfaat olahraga, walaupun sedang berpuasa.

Lantas, apa tips olahraga saat berpuasa? Dalam artikel ini kami akan membagikan tips olahraga sat puasa agar kondisi badanmu tetap sehat saat menjalani berbagai aktivitas pada siang hari. Langsung saja kita simak pada artikel dibawah ini ya.

Tips Olahraga saat berpuasa Agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

1. Waktu Olahraga

Olahraga di bulan puasa yang pertama harus diperhatikan adalah waktu olahraga. Anda tidak disarankan untuk olahraga pada siang hari saat berpuasa, karena saat siang hari tubuh cenderung lemas karena tidak ada asupan makanan.

Waktu yang tepat saat berolahraga adalah sebelum sahur atau menjelang waktu berbuka puasa. Beri jeda kurang lebih selama satu jam setelah berbuka untuk melakukan olahraga, begitu juga kerika akan olahraga menjelang sahur dan berbuka puasa.

Anda juga bisa melakukan olahraga setelah berbuka puasa. Satu jam sebelum tidur, Anda akan merasakan manfaat olahraga, seperti mudah tidur dan menghindari resiko insomnia.

Olahraga sebelum sahur dapat menyimpan cadangan energy dalam tubuh, sehingga ketika Anda menjalani puasa, tubuh menjadi tidak mudah lemas. Kenali tubuh dan kemampuanmu, agar dapat menyesuaikannya.

2. Macam Macam Olahraga saat Berpuasa



Jenis olahraga yang bisa Anda lakukan saat berpuasa sebaiknya lakukan olahraga dengan intensitas yang ringan cenderung sedang, supaya tubuh tidak keberatan dalam melakukannya.

Jika Anda memilih waktu olahraga menjelang berbuka puasa, Anda disarankan untuk melakukan olahraga dengan intensitas yang rendah seperti jalan cepat, jogging ringan, bersepeda santai, yoga dan jenis olahraga ringan lainnya.

Apabila Anda memilih waktu olahraga setelah berbuka puasa, kamu dapat melakukan olahraga dengan intensitas sedang, karena tubuh sudah memiliki energy yang cukup untuk melakukan jenis olahraga ini.

Macam macam olahraga saat berpuasa yang bisa Anda ikuti adalah olahraga angkat beban dan jenis olahraga lainnya yang memiliki intensitas sedang.

Durasi ketika berolahraga saat bulan puasa selam 30 sampai dengan 60 menit untuk menjaga tubuh tetap bugar.

FAQ – Tentang Olahraga saat Bulan Puasa

  • Apa Manfaat olahraga saat bulan puasa?

Manfaat olahraga saat bulan puasa adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh.

  • Apakah olahraga bisa mengurangi hormone stress saat puasa?

Ketika berpuasa, hormone stress akan melonjak. Kondisi ini sangat mengganggu produktivitas kerja selama puasa. Olahraga bisa mengurangi stress karena dapat mengontrol daya tahan tubuh kita.

  • Bagaimana tips olahraga saat berpuasa agar tubuh tetap sehat dan bugar?

Tips olahraga saat berpuasa adalah memperhatikan gerakan olahraga, waktu olahraga. Waktu terbaik untuk berpuasa adalah saat sebelum sahur, menjelang berbuka puasa dan setelah berbuka puasa.

Nah itu tadi tips olahraga saat puasa yang bisa Anda coba. Semoga artikel ini bermanfaat untuk membuat puasa Anda lancar dan tubuh tetap bugar. Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai habis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan

8 Manfaat Mimun Air Hangat di Pagi Hari, Sudahkah Kamu Melakukannya?

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Untuk Investasi Kesehatan Jangka Panjang