Tips BAB Lancar, Alami Tanpa Obat

Tips BAB Lancar, Alami Tanpa Obat

Siapa sih yang tidak pernah mengalami sembelit atau suatu kondisi dimana kita mengalami kesulitan saat buang air besar?

Sembelit memang masuk kedalam kategori penyakit yang umum dihadapi oleh semua orang. Walupun tergolong penyakit ringan, jika dibiarkan kondisi ini akan membuat perut terasa tidak nyaman, bukan?

Dalam beberapa kasus sembelit, penyebab seseorang mengalami kesulitan untuk buang air besar adalah karena tubuh kekurangan serat.

Umumnya cara pengobatan penyakit ini dilakukan dengan mengkonsumsi jenis obat tertentu. Namun, mengkonsumsi obat tentu tak baik untuk kesehatan ginjal.

Nah, berikut ini tips mengatasi BAB yang sulit tanpa mengkonsumsi obat-obatan, penasaran? yuk langsung simak penjelasan berikut ini.

1. Minumlah teh madu dan lemon

Tips BAB Lancar, Alami Tanpa Obat

Tips pertama yang dapat kalian lakukan untuk membantu mengatasi masalah sulit buang air besar adalah dengan mengkonsumsi minuman teh madu yang dicampur dengan lemon.

Madu memang dikenal sebagai salah satu bahan alami yang sangat baik jika digunakan sebagai pencahar alami dan membantu mengurangi asam teh yang disebabkan oleh lemon.

Tak hanya itu saja, ternyata lemon juga dapat digunakan sebagai sebuah stimulant alami guna melancarkan sistem pencernaan dan juga membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

2. Minum banyak air

Tips BAB Lancar, Alami Tanpa Obat

Tips berikutnya yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi masalah sulit untuk buang air besar adalah dengan banyak mengkonsumsi air putih.

Biasanya, untuk kaum laki-laki dianjurkan agar mengkonsumsi air sebanyak 3,7 liter cairan dan perempuan 2,7 liter per hari.

Tektur feses yang kerang dan juga kering biasanya menjadi penyebab paling umum terjadinya masalah sembelit atau sulit untuk buang air besar.

Untuk itu, dianjurkan buat kalian supaya mengkonsumsumsi cukup air agar tubuh tetap terhidrasi dan mempermudahkan feses untuk keluar.

Air dan jus buah adalah yang terbaik untuk melawan sembelit. Jus pir dan apel adalah obat pencahar alami yang ringan, jadi Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik jika memilihnya.

Namun, untuk sementara sebaiknya kalian menghindari untuk mengkonsumsi minuman yang banyak mengandung kafein dan juga soda karena memiliki sifat yang diuretik, dan alih-alih menghidrasi tubuh Anda, mereka justru akan melepaskan lebih banyak cairan dari tubuh Anda.

3. Makan makanan berserat

Tips BAB Lancar, Alami Tanpa Obat

Cara berikutnya yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi masalah sembelit adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan serat yang tinggi.

Makanan dengan kandungan serat yang tinggi memang dikenal sebagai pencahar alami yang akan membuat feses menahan lebih banyak air.

Untuk itu, pastikan asupan serat dalam tubuh terpenuhi dengan baik ya, yakni setidaknya konsumsi 20-35 gram serat ke dalam makanan sehari-hari.

Adapun beberapa jenis makanan yang dikenal dengan kandungan serat nya yang cukup tinggi adalah kubis, apel, sereal bekatul, dan kacang hitam. Biji dan kacang-kacangan seperti labu, wijen, bunga matahari, atau biji rami juga merupakan sumber serat yang baik.

4. Konsumsi herbal

Tips BAB Lancar, Alami Tanpa Obat

Tips berikutnya yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi masalah sulit buang air besar adalah dengan mengkonsumsi herbal seperti biji rami, fenugreek, dan psyllium memiliki efek pencahar dan melunakkan feses.

Untuk itu, akan bagus buat kalian jika mengkonsumsi herbal dan banyak mengkonsumsi air putih selama mengalami masalah sembelit.

Namun, tetap waspada ya. pasalnya tak semua orang cocok dengan bahan herbal karena mengandung beberapa zat tertentu yang mungkin saja tak diterima oleh tubuh.

Misalnya, biji rami tak boleh dikonsumsi jika Anda menderita gangguan pendarahan, penyumbatan usus, atau tekanan darah tinggi. Ibu hamil dan menyusui juga harus menghindarinya.

5. Mengkonsumsi Yougurt

Tips BAB Lancar, Alami Tanpa Obat

Meskipun disarankan untuk menjauhi produk susu jika Anda menderita sembelit, yogurt adalah pengecualian. Yogurt mengandung probiotik seperti Bifidobacterium longum atau Bifidobacterium animalis yang penelitiannya menunjukkan bantuan dalam melancarkan buang air besar.
Tips BAB Lancar, Alami Tanpa Obat Tips BAB Lancar, Alami Tanpa Obat Reviewed by AdmLebihSehat on Juli 19, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.