Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Untuk Investasi Kesehatan Jangka Panjang

 


Istilah 4 sehat 5 sempurna adalah program pemerintah yang mengharuskan semua orang mengonsumsi lebih dari 1 jenis makanan dalam waktu tertentu. Adapun makanan 4 sehat 5 sempurna ini terdiri dari berbagai makanan pokok, lauk pauk, sayur-sayuran, buah-buahan dan tambahan susu untuk menyempurnakan nutrisi tubuh.

Dalam artikel ini kami akan menyediakan informasi tentang makanan 4 sehat 5 sempurna yang bisa dijadikan sebagai investasi untuk Kesehatan jangka Panjang.

Pengertian Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Makanan 5 sehat 4 sempurna adalah makanan yang memiliki kandungan gizi yang lengkap seperti Karbohidrat, Protein, Vitamin, Lemak, dan Mineral.

Makanan 4 sehta ini terdiri atas makanan pokok, lauk pauk, sayur dan juga buah. Sedangkan yang dimaksud dengan 5 sempurna adalah susu yang merupakan nutrisi tambahan. Awalnya makanan 4 sehat dan 5 sempurna ini merupakan bagian dari kampanye pemerintah, namun sekarang hal ini justru menjadi gaya hidup.

Kesadaran untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga didampingi dengan gaya hidup yang baik, seperti istirahat yang cukup, olahraga rutin, dan gaya hidup bersih dan sehat. Dengan melakukan hal ini kamu berarti sudah melakukan investasi Kesehatan untuk tubuh.

Komponen Penyusun Pola Makan 4 Sehat 5 Sempurna

1. Makanan Pokok



Makanan pokok merupakan makanan yang kaya akan sumber karbohidrat, suatu zat yang sangat diperlukan oleh tubuh dalam pembentukan energi. Di Indonesia sendiri makanan pokoknya adalah nasi, tetapi di beberapa daerah makanan pokok jenis lain ini juga dikonsumsi seperi beras dan jagung untuk di daerah madura, dan di wiayah Timur Indonesia 4 sehat 5 sempurna diganti dengan sagu.

2. Lauk Pauk

Lauk pauk merupakan bahan makanan yang banyak mengandung kadar protein tinggi. Untuk tumbuh kembang anak, protein berperan dalam membangun tubuh. Sedangkan untuk orang dewasa, protein dapat diubah menjadi cadangan energi.

Sumber protein dalam diperoleh dari dua jenin makanan, yaitu nabati dan hewani. Protein nabati umumnya berasal dari kacang-kacangan dan olahan lainnya, seperti tahu dan tempe yang merupakan olahan dari kacang kedelai.

Namun, penting untuk kamu ketahui jika kacang-kacangan ternyata harus dihindari bagi orang-orang yang mengidap penyakit alergi makanan. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir karena masih banyak alternatif lainnya.

Konsumsi protein hewani sebaiknya dibatasi karena protein hewani mengandung lemak dan kolesterol yang dapat membahayakan tubuh jika kamu mengonsumsi secara berlebihan. Protein dari daging dan unggas akan lebih sehat jika dibandingkan dengan daging merah.

3. Sayuran



Sayuran memiliki kandungan serat yang baik untuk proses pencernaan. Sayuran juga banyak mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh manusia. Contoh makanan 4 sehat 5 sempurna yang simple ini seperti wortel yang kaya akan vitamin A, bayam yang mengandung vitamin A, B Kompleks, Vitamin C, Vitamin E dan Vitamin K.

Saat seseorang mengonsumsi sayuran, perlu diperhatikan juga tingkat kebersihan dari sayuran yang akan dikonsumsi. Karena sayuran yang beredar dipasaran umumnya sudah terpapar pestisida atau zat berbahaya lainnya. Pastikan cuci sayur dengan air yang mengalir untuk menjaga kehigenisannya.

4. Buah-Buahan


Mengonsumsi buah-buahan tidak kalah pentingnya dengan sayuran dan bahan makanan lain. Seperti halnya sayuran, buah-buahan juga kaya akan serat dan vitamin yang baik untuk Kesehatan tubuh manusia.

Contoh hidangan makanan 4 sehat 5 sempurna yang kaya akan vitamin C adalah buah naga yang mengandung zat besi yang diperlukan tubuh untuk mencegah anemia.

Walaupun kadang keberadaan buah dirumah kurang diperhitungkan karena harganya yang relative mahal, membuat orang Indonesia malas mengonsumsi buah. Untuk itu disarankan menamam tanahan buah-buahan musiman seperti mangga, duku, pisang yang dapat diperoleh dengan mudah dan murah.

5. Susu



Susu merupakan minuman yang cocok untuk melengkapi asupan gizi yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Susu merupakan asupan kalsium yang berperan penting menjaga keutuhan tulang.

Perlu diingat bahwa tidak semua orang bisa mengonsumsi susu karena kandungan dari susu seperti laktosa yang tidak bisa diterima oleh semua tubuh manusia.

Berikut jenis susu yang baik untuk dikonsumsi:

  • Susu Kedelai
  • Susu Almond
  • Susu Sapi

Contoh Hidangan Makanan 4 Sehat 5 Sempurna untuk Keluarga

Senin: Nasi putih (makanan pokok), ayam rica-rica (lauk pauk), sayur sop (sayuran), pisang (buah-buahan), dan susu.

Selasa: Nasi putih (makanan pokok), tumis daging kacang panjang (lauk pauk), urap daun singkong (sayuran), semangka (buah-buahan), dan susu.

Rabu: Nasi putih (makanan pokok), tempe dan telur bacem (lauk pauk), lalapan (sayuran), pisang (buah-buahan), dan susu.

Kamis: Nasi putih (makanan pokok), sapo tahu (lauk pauk), capcay (sayuran), mangga (buah-buahan), dan susu.

Jumat: Nasi putih (makanan pokok), ayam bumbu rujak (lauk pauk), sayur bayam (sayuran), pisang (buah-buahan), dan susu.

Nah, demikianlah artikel tentang makanan 4 sehat dan 5 sempurna yang harus kita konsumsi setiap harinya. Tetap jaga Kesehatan sejak dini sebagai bentuk investasi Kesehatan jangka Panjang.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan

8 Manfaat Mimun Air Hangat di Pagi Hari, Sudahkah Kamu Melakukannya?