Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan

 



Buah naga atau Pitaya adalah buah yang tumbuh pada daerah tropis dan subtropics seperti di Negara Amerika Selatan dan Asia. Seperti namanya, buah ini memiliki kulit menyerupai sisik naga. Bentuk tanamannya juga terbilang unik seperti tanaman kaktus.

Selain rasanya yang enak, buah naga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Khasiat buah naga akan membantu untuk memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh kita dan menjaga kulit tetap halus dan menjaga suara kamu tetap baik setelah lelah bernyanyi lagu chord runtah maupun chord pergilah kasih. Dalam artikel ini kami akan menyajikan manfaat buah naga dan kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah naga.

Kandungan Gizi dari Buah Naga

Di Indonesia terdapat dua jenis varietas buah naga yang umum ditemui, yaitu buah naga merah dan buah naga putih. Meski memiliki warna yang berbeda, kandungan gizi yang terdapat dalam buah naga hampir sama.

Berdasarkan data komposisi Pangan Indonesia, kandungan gizi dari 100 gram buah naga merah adalah:

  • Air: 85,7 gram
  • Energi: 71 kal.
  • Protein: 1,7 gram
  • Lemak: 3,1 gram
  • Karbohidrat: 9,1 gram
  • Serat: 3,2 gram
  • Abu: 0,4 gram
  • Kalsium: 13 mg
  • Fosfor: 14 mg
  •  Zat besi: 0,4 mg
  • Natrium: 10 mg
  • Kalium: 128 mg
  • Seng (Zinc): 0,4 mg
  • Vitamin B1: ,5 mg
  • Vitamin B2: 0,3 mg
  • Niasin atau vitamin B3: 0,5 mg
  • Vitamin C: 1 mg

Tak hanya itu, kandungan buah naga lainnya adalah mengandung vitamin dan mineral seperti Vitamin E dan Magnesium. Dari banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat dibuah naga, berikut manfaat buah naga merah untuk kesehatan.

Manfaat Buah Naga Merah

Berdasarkan kandungan nutrisi diatas, berikut manfaat dan khasiat buah naga untuk kesehatan:

1. Mengurangi Resiko Kanker

Senyawa antioksidan dalam buah naga, baik likopen atau Hydroxycinnamates akan berdampak terhadap mengurangi resiko kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah naga bisa mengurangi resiko kanker prostat, kanker payudara dan kanker paru.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kegunaan buah naga lainnya adalah membantu untuk meningkatkan kesehatan jantung seseorang. Biji hitam yang terdapat dibuah naga juga kaya akan lemak omega-3 dan omega-9 yang baik untuk kesehatan jantung agar kamu bisa bernyanyi lagu chord satu rasa cinta seharian.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kandungan serat yang terdapat dalam buah naga bisa mengontrol kadar gula darah. Kegunaan buah naga baik untuk menekan lonjakan gula dari makanan yang dikonsumsi orang-orang. Seseorang yang sering mengonsumsi buah naga akan merasakan manfaat jus buah naga.

4. Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang sedang menjalankan program diet, maka makanan yang baik untuk dikonsumsi salah satunya adalah buah naga untuk diet. Pasalnya, camilan sehat ini kaya akan kandungan serat dan rendah kalori. Buah naga untuk diet akan terhindar dari resiko obesitas.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Karena buah naga mengandung vitamin dan berbagai mineral yang dibutuhkan tubuh, maka khasiat buah naga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Menurut Food Revolution Network, satu cangkir potongan buah naga terkandung 80 mg Magnesium.

6. Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

Kandungan serat yang terdapat dalam buah naga merah sangat baik untuk sistem pencernaan seseorang. Mengonsumsi makanan berserat tinggi bisa membantu mengontrol gerakan usus, sehingga mencegah terjadinya resiko sembelit. 

7. Meredakan Batuk dan Flu

Seseorang yang sedang hamil tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat. Termasuk ketika mengalami batuk atau flu. Manfaat buah naga untuk ibu hamil adalah membantu untuk meredakan batuk dan flu.

Pasalnya, mengonsumsi makanan atau buah yang mengandung vitamin c bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mempercepat sembuh dan manfaat buah naga untuk ibu hamil.

Batuk dan flu juga dapat membuat suara kamu serak sehingga mengganggu kamu yang memiliki hobi bernyanyi ketika membawa sebuah lagu seperti lagu pingal.

8. Mengurangi Jerawat

Manfaat jus buah naga lainnya adalah untuk kesehatan kulit. Untuk kamu yang sedang mengalami kondisi muka berjerawat, kamu bisa membuat pasta buah naga pada aera kulit wajah yang sedang mengalami kemerahan.

9. Melindungi Rambut dari Kerusakan

Manfaat jus buah naga lainnya adalah membantu merawat rambut. Kamu bisa melakukan ini dengan cara mengoleskan jus buah naga sebagai kondisioner yang mengandung ekstrak buah naga pada area kulit kepala.

10. Mengurangi Resiko Terjadinya Anemia

Manfaat buah naga untuk ibu hamil tetapi manfaat lainnya adalah menjaga kesehatan darah. Buah naga mengandung vitamin zat besi yang bisa mambantu sela darah merah untuk mengangkut oksigen ke seluruh organ dan tubuh.

Nah itu tadi Manfaat buah naga merah untuk kesehatan tubuh kita. Pintar kreatif mengonsumsi buah-buahan seperti buah naga sangat baik, apalagi seperti masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. Tetap jaga kesehatan dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang bergizi.

Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan Reviewed by AdmLebihSehat on Maret 07, 2022 Rating: 5

5 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.