5 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kulit Wajah



Minyak zaitun atau olive oil adalah minyak yang berasal dari buah zaitun dan memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. Pohon dari minyak zaitun memiliki pertumbuhan yang cukup lambat dan memiliki ciri batang yang keriput serta cabang yang pecah-pecah.

Sejak dulu, minyak zaitun sudah dikenal dengan berbagai manfaatnya yang baik untuk kesehatan terlebih kepada perawatan tubuh. Minyak ini secara signifikan mampu merawat dan mencerahkan kulit wajah terlebih jika dilakukan secara rutin.

Di bidang kesehatan sendiri, minyak zaitun sering digunakan sebagai bahan alami yang baik untuk jantung. Tidak hanya itu, minyak zaitun juga sering dimanfaatkan untuk melancarkan buang air besar, melindungi tubuh dari penyakit Alzheimer, dan masih banyak lagi.

Namun, manfaat buah zaitun yang paling terkenal adalah sebagai bahan alami untuk perawatan kulit wajah, tubuh, bahkan ke rambut. Tentu menjadi sebuah pertanyaan mengapa buah zaitun ini memiliki manfaat yang baik untuk perawatan tubuh.

Itu semua terjadi karena kandungan yang dimiliki oleh minyak zaitun. Apa sajakah kandungan yang dimiliki oleh minyak ini?

Kandungan yang ada di dalam Minyak Zaitun

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, minyak zaitun dikenal sebagai salah satu minyak multifungsi yang memiliki peran baik di hampir seluruh bagian tubuh kita. Tentu hal tersebut tidak luput dari kandungan yang dimiliki oleh minyak ini.

Di dalam 100 mililiter minyak zaitun terdapat 884 kalori atau setara dengan 44% dari gizi harian kita dan 100gram lemak yang mecukupi hingga 153% kebutuhan lemak harian tubuh.

Meskipun kadar tersebut termasuk tinggi, lemak yang dihasilkan oleh minyak zaitun adalah asam lemak tak jenuh tunggal yang berarti lemak baik.

Tidak hanya itu, minyak zaitun juga merupakan salah satu sumber polifenol atau senyawa fitokimia yang baik. Senyawa inilah yang bekerja untuk memberi warna pada makanan. Selain menjadi pewarna makanan, polifenol juga baik untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Hal itu tentunya yang menyebabkan minyak zaitun cukup berperan penting di dalam bidang kesehatan dan menjadi antioksidan yang baik di dalam tubuh.

Kandungan lain yang dimiliki oleh minyak zaitun adalah, terdapat omega-3, omega-6, 15 mg vitamin E yang setara dengan kebutuhan 72% harian tubuh, 61 mg vitamin K yang mencukup 75% harian tubuh, serta beberapa nutrisi tambahan lainnya.

Dengan semua kandungan itu, tidak heran mengapa minyak zaitun kerap dicari dan digunakan banyak masyarakat Indonesia saat ini. Lantas, dengan kandungan yang dimiliki oleh minyak zaitun ini apa manfaatnya untuk wajah, kulit, hingga rambut? Tetap simak ulasan kami sampai habis.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

Jika kamu berpikir bahwa untuk mendapatkan kulit yang cerah dan glowing membutuhkan perawatan yang mahal, maka kamu salah. Cukup memanfaatkan minyak zaitun secara rutin, kamu akan memiliki kulit wajah yang sehat dan cerah tentunya.

Tentunya perawatan ini cukup efektif dan murah untuk kamu para kaum low-budget. Manfaat minyak zaitun untuk wajah sendiri antara lain adalah:

1. Mengangkat Kotoran di Wajah

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk wajah yang paling terkenal adalah dapat membersihkan kotoran atau riasan makeup yang ada di wajah. Cara penggunaannya cukup mudah, kamu tinggal mengoleskan minyak zaitun yang sudah dituang ke kapas di wajah kamu dengan lembut.

Kamu juga dapat memijat lembut wajah kamu lalu bilas dengan handuk yang sudah direndam air hangat. Namun, akan lebih baik jika kamu membilasnya dengan sabun yang mengandung ekstrak buah zaitun.

2. Melembapkan Kulit

Selain mengangkat kotoran, manfaat lain dari minyak zaitun untuk wajah adalah mampu meningkatkan kelembapan kulit. Cara penggunaannya cukup mudah. Kamu cukup menuangkan 2-4 tetes minyak zaitun ke tangan dan oleskan ke wajah seara merata.

Kamu juga dapat memijatnya secara perlahan untuk membuat minyak lebih cepat menyerap dan melancarkan peredaran darah di kulit wajah. Dengan begitu, kulit kamu akan senantiasa halus dan lembap.

3. Membantu Memudarkan Bekas Jerawat

Sudah menjadi rahasia publik jika minyak zaitun mampu memudarkan bekas jerawat. Cara penggunannya pun cukup mudah, kamu cukup mengoleskan minyak zaitun ke area yang memiliki bekas jerawat dengan jarimu.

Tunggu hingga 10 menit lalu bilas. Untuk hasil maksimal lakukan secara rutin sambil dibarengi dengan penggunaan skincare tambahan yang kamu miliki.

4. Mengecilkan Pori-pori Wajah

Manfaat minyak zaitun untuk wajah selanjutnya adalah dapat mengecilkan pori-pori. Cara penggunaannya cukup mudah. Kamu cukup mengoleskan minyak zaitun di area yang memiliki pori-pori besar setelah membersihkan wajah.

Dengan begitu, secara pori-pori kamu akan terlihat mengecil dan lebih halus. Untuk hasil yang maksimal, lakukan secara rutin sehabis membersihkan wajah.

5. Mampu Mengencangkan Wajah

Dikenal dengan antioksidannya yang tinggi, minyak zaitun dinilai mampu mengenangkan wajah. Cara penggunaannya cukup mudah. Kamu cukup mencampurkan minyak zaitun dengan madu lalu aplikasikan layaknya masker organik.

Setelah kamu oleskan, tunggu hingga mongering dan bilas. Dengan penggunaan rutin, kulit kamu akan jauh lebih lembab dan kencang.

Demikianlah manfaat minyak zaitun untuk wajah yang wajib kamu ketahui. Jadi kamu dapat memanfaatkan minyak zaitun ini di kulit wajah kamu sebagai salah satu bahan perawatan alami.

Sumber: Parboaboa.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan

8 Manfaat Mimun Air Hangat di Pagi Hari, Sudahkah Kamu Melakukannya?

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Untuk Investasi Kesehatan Jangka Panjang